STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI PAKUSARI

Ken Kusumaswarih, Kartika (2018) STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI PAKUSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (338kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (781kB)

Abstract

Kata Kunci: strategi kesantunan berbahasa, pembelajaran bahasa Indonesia Guru dan siswa harus menerapkan strategi kesantunan di dalam proses pembelajaran, agar proses komunikasi berjalan dengan lancar. Strategi kesantunan adalah upaya penutur dalam mengekspresikan kesantunannya dalam wujud bahasa. Penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu bagaimanakah penggunaan strategi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri Pakusari. Tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan strategi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri Pakusari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilakukaan di SMA Negeri Pakusari di kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyimak, merekam, mencatat dan mengklasifikasi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rekaman video pembelajaran dan blangko pengodean (Coding Form). Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode padan dengan menggunakan teknik pilah unsur penentu selanjutnya menggunakan teknik lanjutan yaitu teknik baca markah. Hasil penelitian ini ditemukan penggunaan strategi kesantunan berbahasa yaitu, strategi terus terang (on record), strategi basa-basi (off record), strategi kesantunan positif, dan strategi kesantunan negatif. Selain empat strategi kesantunan berbahasa yang terdapat pada masalah penelitian, ditemukan strategi lain. Strategi tersebut berupa penggunaan dua strategi kesantunan berbahasa dalam satu tuturan. Strategi tersebut yaitu, strategi terus terang dan strategi kesantunan positif, strategi terus terang dan strategi kesantunan negatif. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini yaitu keempat strategi kesantunan berbahasa sesuai dengan teori Brown dan Levinson telah digunakan dalam pertuturan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu ditemukan penggunaan dua strategi kesantunan berbahasa dalam satu tuturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHuda, Tanzilnidn0723036803
UNSPECIFIEDHima, Rofiatulnidn0702058402
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:21
Last Modified: 08 Jan 2021 03:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7725

Actions (login required)

View Item View Item