STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI PAKUSARI



Ken Kusumaswarih, Kartika (2018) STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI PAKUSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of ISI.pdf] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (781kB)

Abstract

Kata Kunci: strategi kesantunan berbahasa, pembelajaran bahasa
Indonesia

Guru dan siswa harus menerapkan strategi kesantunan di dalam proses
pembelajaran, agar proses komunikasi berjalan dengan lancar. Strategi kesantunan
adalah upaya penutur dalam mengekspresikan kesantunannya dalam wujud
bahasa. Penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu bagaimanakah penggunaan
strategi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri
Pakusari. Tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan strategi kesantunan
berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri Pakusari.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilakukaan di SMA Negeri
Pakusari di kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4. Pengumpulan data dalam penelitian
ini dilakukan dengan cara menyimak, merekam, mencatat dan mengklasifikasi.
Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rekaman video
pembelajaran dan blangko pengodean (Coding Form). Data yang telah
dikumpulkan dianalisis menggunakan metode padan dengan menggunakan teknik
pilah unsur penentu selanjutnya menggunakan teknik lanjutan yaitu teknik baca
markah.
Hasil penelitian ini ditemukan penggunaan strategi kesantunan berbahasa
yaitu, strategi terus terang (on record), strategi basa-basi (off record), strategi
kesantunan positif, dan strategi kesantunan negatif. Selain empat strategi
kesantunan berbahasa yang terdapat pada masalah penelitian, ditemukan strategi
lain. Strategi tersebut berupa penggunaan dua strategi kesantunan berbahasa
dalam satu tuturan. Strategi tersebut yaitu, strategi terus terang dan strategi
kesantunan positif, strategi terus terang dan strategi kesantunan negatif.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini yaitu keempat
strategi kesantunan berbahasa sesuai dengan teori Brown dan Levinson telah
digunakan dalam pertuturan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu
ditemukan penggunaan dua strategi kesantunan berbahasa dalam satu tuturan.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Huda, Tanzil
nidn0723036803
UNSPECIFIED
Hima, Rofiatul
nidn0702058402

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:21
Last Modified: 08 Jan 2021 03:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7725

Actions (login required)

View Item View Item