STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI PAKUSARI
Ken Kusumaswarih, Kartika (2018) STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI PAKUSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (781kB) |
Abstract
Kata Kunci: strategi kesantunan berbahasa, pembelajaran bahasa
Indonesia
Guru dan siswa harus menerapkan strategi kesantunan di dalam proses
pembelajaran, agar proses komunikasi berjalan dengan lancar. Strategi kesantunan
adalah upaya penutur dalam mengekspresikan kesantunannya dalam wujud
bahasa. Penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu bagaimanakah penggunaan
strategi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri
Pakusari. Tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan strategi kesantunan
berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri Pakusari.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilakukaan di SMA Negeri
Pakusari di kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4. Pengumpulan data dalam penelitian
ini dilakukan dengan cara menyimak, merekam, mencatat dan mengklasifikasi.
Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rekaman video
pembelajaran dan blangko pengodean (Coding Form). Data yang telah
dikumpulkan dianalisis menggunakan metode padan dengan menggunakan teknik
pilah unsur penentu selanjutnya menggunakan teknik lanjutan yaitu teknik baca
markah.
Hasil penelitian ini ditemukan penggunaan strategi kesantunan berbahasa
yaitu, strategi terus terang (on record), strategi basa-basi (off record), strategi
kesantunan positif, dan strategi kesantunan negatif. Selain empat strategi
kesantunan berbahasa yang terdapat pada masalah penelitian, ditemukan strategi
lain. Strategi tersebut berupa penggunaan dua strategi kesantunan berbahasa
dalam satu tuturan. Strategi tersebut yaitu, strategi terus terang dan strategi
kesantunan positif, strategi terus terang dan strategi kesantunan negatif.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini yaitu keempat
strategi kesantunan berbahasa sesuai dengan teori Brown dan Levinson telah
digunakan dalam pertuturan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu
ditemukan penggunaan dua strategi kesantunan berbahasa dalam satu tuturan.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDHuda, Tanzilnidn0723036803UNSPECIFIEDHima, Rofiatulnidn0702058402
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jan 2021 03:21 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 03:21 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |