MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPT SENTENCE SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SEMPU TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Nasir, Muhammad (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPT SENTENCE SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SEMPU TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (716kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata kunci : kemampuan, menulis berita, metode Concept Sentence
Keterampilan menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif.
Kegiatan menulis digunakan untuk mengungkapkan ide dan perasaan dalam bentuk tulisan.
Salah satu bentuk keterampilan menulis yang diajarkan pada jenjang Sekolah Menengah
Pertama (SMP) kelas VIII adalah menulis teks berita . Teks berita merupakan sebuah tulisan
atau teks yang memberikan informasi terbaru (uptudate dan teraktual) berupa kejadian yang
benar-benar terjadi yang layak dan penting untuk diberitakan. Keterampilan menulis berita ini
harus diajarkan kepada siswa secara sungguh-sungguh agar tujuan pembelajaran dapat
tercapai secara optimal.
Berdasarkan Pengamatan terhadap nilai menulis yang didapat siswa kelas VIII A SMP
Muhammadiyah 7 Sempu diketahui bahwa nilai menulis teks berita siswa sangatlah rendah.
Dari total siswa kelas VIII A yang berjumlah 39 siswa hanya 12 siswa (31%) yang tuntas,
sedangkan 27 siswa (69%) masih belum tuntas. Skor yang diperoleh masih jauh dari syarat
ketuntasan belajar klasikal yakni 75% siswa mendapatkan nilai kurang dari 75. Melihat
banyaknya siswa yang mendapatkan nilai kurang, maka guru perlu mengatasi dengan
menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat,
diharapkan akan mampu meningkatkan pembelajaran di kelas sehingga tujuan pembelajaran
akan tercapai. Metode pembelajaran yang dianggap tepat untuk meningkatkan kemampuan
menulis teks berita siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Sempu adalah metode
Concept Sentence.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah metode Concept Sentence
dapat meningkatan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7
Sempu tahun pelajaran 2017-2018.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sasaran dari penelitian
ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Sempu tahun pelajaran 2017/2018.
Data peneliian ini di ambil dengan tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis berita yang diketahui dengan
hasil tes akhir menunjukkan peningkatan. Maka hasil penelitiaan dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode Concept Sentence dapat meningkat keterampilan menulis berita siswa
kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Sempu tahun pelajaran 2017/2018.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701UNSPECIFIEDMerdeka, Dinanidn0717088701
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jan 2021 05:05 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 05:05 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |