Dwi Rahayu, Nungki (2018) ANALISIS PEMAHAMAN STRUKTUR RESENSI BUKU NONFIKSI OLEH SISWA KELAS XII MA AL-BADRI KALISAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel Skripsi benar.pdf Download (459kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (372kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: pemahaman resensi buku, struktur, buku nonfiksi Resensi merupakan melihat kembali, menimbang atau menilai. Dengan menilai atau menimbang buku pembaca bisa tahu kualitas buku. Struktur yang merupakan ketentuan yang berlaku pada resensi buku. Sedangkan Non Fiksi merupakan jenis buku yang dibuat berdasarkan fakta yang aktual. Permasalahan yang mucul dari latar belakang adalah Bagaimana pemahaman struktur resensi buku nonfiksi oleh siswa kelas XII MA Al-Badri Kalisat, dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemahaman siswa tentang struktur buku resensi nonfiksi oleh siswa kelas XII MA Al-Badri kalisat. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pemahaman struktur resensi buku nonfiksi oleh siswa kelas XII MA Al-Badri Kalisat, dan Mendeskripsikan foktorfaktor yang mempengaruhi pemahaman siswa tentang struktur buku resensi non fiksi oleh siswa kelas XII MA Al-Badri kalisat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas XII MA Al-Badri Kalisat. Tempat penelitian di MA Al-Badri Kalisat, pada tanggal 21 April 2018. Teknik pengumpulan data adalah teknik pengamatan dan wawancara. Instrumen dalam penelitian adalah penelitiaan selaku instrumen utama, dan instrumen bantuan berupa tabulasi data. Data dianalisis menggunkan deskriptif kualitatif yaitu kata-kata dengan mengkasifikasikan data, menyalin kedalam tabel, pengkategorian data, dan penyimpulan data. Hasil analisis data menunjukkan ada 19 data yang telah terkupul. Data terbagi menjadi menjadi 5 kategori, masing-masing data dengan perbedaan tentang kelengkapan unsur pada tiap-tiap struktur. Hasil resensi siswa adapaun faktor-faktor yang mempengaruhinya pemahaman siswa pada menulis resensi, ada meliputi enam indikator yaitu, aspek perhatian, aspek ketertarikan, aspek keinginan, aspek keyakinan, aspek keputusan, dan aspek tindakan. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian adalah siswa lebih banyak yang mampu dan paham tentang resensi buku non fiksi oleh siswa. Faktor pemaham menulis resensi pada siswa terdapat pada enam indikator tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2021 01:36 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2021 01:36 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7745 |
Actions (login required)
View Item |