ANALISIS PEMAHAMAN STRUKTUR RESENSI BUKU NONFIKSI OLEH SISWA KELAS XII MA AL-BADRI KALISAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018



Dwi Rahayu, Nungki (2018) ANALISIS PEMAHAMAN STRUKTUR RESENSI BUKU NONFIKSI OLEH SISWA KELAS XII MA AL-BADRI KALISAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Artikel Skripsi benar.pdf] Text
Artikel Skripsi benar.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: pemahaman resensi buku, struktur, buku nonfiksi


Resensi merupakan melihat kembali, menimbang atau menilai. Dengan
menilai atau menimbang buku pembaca bisa tahu kualitas buku. Struktur yang
merupakan ketentuan yang berlaku pada resensi buku. Sedangkan Non Fiksi
merupakan jenis buku yang dibuat berdasarkan fakta yang aktual.

Permasalahan yang mucul dari latar belakang adalah Bagaimana
pemahaman struktur resensi buku nonfiksi oleh siswa kelas XII MA Al-Badri
Kalisat, dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemahaman siswa tentang
struktur buku resensi nonfiksi oleh siswa kelas XII MA Al-Badri kalisat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pemahaman struktur resensi buku
nonfiksi oleh siswa kelas XII MA Al-Badri Kalisat, dan Mendeskripsikan foktorfaktor
yang
mempengaruhi
pemahaman
siswa
tentang
struktur
buku
resensi
non

fiksi
oleh
siswa
kelas
XII
MA
Al-Badri
kalisat.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian ini
adalah siswa dan siswi kelas XII MA Al-Badri Kalisat. Tempat penelitian di MA
Al-Badri Kalisat, pada tanggal 21 April 2018. Teknik pengumpulan data adalah
teknik pengamatan dan wawancara. Instrumen dalam penelitian adalah penelitiaan
selaku instrumen utama, dan instrumen bantuan berupa tabulasi data. Data
dianalisis menggunkan deskriptif kualitatif yaitu kata-kata dengan
mengkasifikasikan data, menyalin kedalam tabel, pengkategorian data, dan
penyimpulan data.
Hasil analisis data menunjukkan ada 19 data yang telah terkupul. Data
terbagi menjadi menjadi 5 kategori, masing-masing data dengan perbedaan
tentang kelengkapan unsur pada tiap-tiap struktur. Hasil resensi siswa adapaun
faktor-faktor yang mempengaruhinya pemahaman siswa pada menulis resensi, ada
meliputi enam indikator yaitu, aspek perhatian, aspek ketertarikan, aspek
keinginan, aspek keyakinan, aspek keputusan, dan aspek tindakan.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian adalah siswa lebih
banyak yang mampu dan paham tentang resensi buku non fiksi oleh siswa. Faktor
pemaham menulis resensi pada siswa terdapat pada enam indikator tersebut.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Huda, Tanzil
nidn0723036803
UNSPECIFIED
Hima, Rofiatul
nidn0702058402

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 11 Jan 2021 01:36
Last Modified: 11 Jan 2021 01:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7745

Actions (login required)

View Item View Item