ANALISIS PEMAHAMAN STRUKTUR RESENSI BUKU NONFIKSI OLEH SISWA KELAS XII MA AL-BADRI KALISAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Dwi Rahayu, Nungki (2018) ANALISIS PEMAHAMAN STRUKTUR RESENSI BUKU NONFIKSI OLEH SISWA KELAS XII MA AL-BADRI KALISAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
Artikel Skripsi benar.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: pemahaman resensi buku, struktur, buku nonfiksi
Resensi merupakan melihat kembali, menimbang atau menilai. Dengan
menilai atau menimbang buku pembaca bisa tahu kualitas buku. Struktur yang
merupakan ketentuan yang berlaku pada resensi buku. Sedangkan Non Fiksi
merupakan jenis buku yang dibuat berdasarkan fakta yang aktual.
Permasalahan yang mucul dari latar belakang adalah Bagaimana
pemahaman struktur resensi buku nonfiksi oleh siswa kelas XII MA Al-Badri
Kalisat, dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemahaman siswa tentang
struktur buku resensi nonfiksi oleh siswa kelas XII MA Al-Badri kalisat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pemahaman struktur resensi buku
nonfiksi oleh siswa kelas XII MA Al-Badri Kalisat, dan Mendeskripsikan foktorfaktor
yang
mempengaruhi
pemahaman
siswa
tentang
struktur
buku
resensi
non
fiksi
oleh
siswa
kelas
XII
MA
Al-Badri
kalisat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian ini
adalah siswa dan siswi kelas XII MA Al-Badri Kalisat. Tempat penelitian di MA
Al-Badri Kalisat, pada tanggal 21 April 2018. Teknik pengumpulan data adalah
teknik pengamatan dan wawancara. Instrumen dalam penelitian adalah penelitiaan
selaku instrumen utama, dan instrumen bantuan berupa tabulasi data. Data
dianalisis menggunkan deskriptif kualitatif yaitu kata-kata dengan
mengkasifikasikan data, menyalin kedalam tabel, pengkategorian data, dan
penyimpulan data.
Hasil analisis data menunjukkan ada 19 data yang telah terkupul. Data
terbagi menjadi menjadi 5 kategori, masing-masing data dengan perbedaan
tentang kelengkapan unsur pada tiap-tiap struktur. Hasil resensi siswa adapaun
faktor-faktor yang mempengaruhinya pemahaman siswa pada menulis resensi, ada
meliputi enam indikator yaitu, aspek perhatian, aspek ketertarikan, aspek
keinginan, aspek keyakinan, aspek keputusan, dan aspek tindakan.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian adalah siswa lebih
banyak yang mampu dan paham tentang resensi buku non fiksi oleh siswa. Faktor
pemaham menulis resensi pada siswa terdapat pada enam indikator tersebut.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDHuda, Tanzilnidn0723036803UNSPECIFIEDHima, Rofiatulnidn0702058402
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 01:36 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 01:36 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |