Analisis Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Three-Tier Test Materi Ekologi di SMA BIMA Ambulu Kabupaten Jember



Rosalina, Vina Dwi (2018) Analisis Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Three-Tier Test Materi Ekologi di SMA BIMA Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL Vina.pdf] Text
ARTIKEL Vina.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Pendahuluan.pdf] Text
Pendahuluan.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN FIX.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN FIX.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI .pdf] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of Lampiran .pdf] Text
Lampiran .pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi pendidik dengan peserta didik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.Pemahaman merupakan kemampuan kognitif tingkat rendah yang setingat lebih dari pengetahuan, kemampuan yang dimiliki peserta didik pada tingkat ini adalah kemampuan memperoleh makna dari materi pelajaran yang telah dipelajari. Tujuan penelitian untuk menganalisis pemahaman konsep antara salah konsepsi dan tidak mengetahui konsep ekologi, siswa pada materi ekologi di SMA BIMA Ambulu Kabupaten Jember dan menghitung besar persentase pemahaman konsep siswa pada materi Ekologi di SMA BIMA Ambulu KabupatenJember. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data rumus presentase yang menggunakan instrumen validitas dan reabilitas. Presentase siswa kelas X IPA di SMA Bima Ambulu mengalami miskonsepsi. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini Masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi dan lemah pengetahuan pada materi ekologi. Adapun presentase siswa kelas X IPA 1, X IPA 3, dan X IPA 4 yang mengalami miskonsepsi pada materi ekologi sebesar 42%, 31%, dan 33% sedangkan lemah pengetahuan sebesar 39%,54%, dan 45%. Kata kunci: Analisis, pemahaman konsep, Three-Tier Test

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Komarayanti, Sawitri
nidn0719056302
UNSPECIFIED
Munandar, Kukuh
nidn0014116401

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:36
Last Modified: 11 Jan 2021 02:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7755

Actions (login required)

View Item View Item