Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Kesalahan Kastolan Kelas VIII di MTs. Negeri 5 Jember Pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok

Cahyani, Anis (2018) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Kesalahan Kastolan Kelas VIII di MTs. Negeri 5 Jember Pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL ANIS CAHYANI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kubus dan Balok merupakan salah satu ilmu matematika pada bidang geometri. Pada materi kubus dan balok ini siswa dituntut untuk bisa memahami konsep dan prosedur untuk menyelesaikan masalah matematika, berdasarkan hasil pengamatan dan hasil PISA saat ini masih banyak siswa yang melakukan kesalahan saat menyelesaikannya terutama pada konsep dan prosedurnya tanpa diketahui apa penyebabnya. Salah satu cara untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dan penyebab kesalahannya adalah dengan menganalisis hasil pekerjaan siswa berdasarkan kesalahan Kastolan yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan berjenis penelitian deskriptif. Objek yang akan diteliti adalah kesalahan siswa beserta jenis kesalahannya dan penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Proses pengumpulan data dengan metode tes berupa soal uraian dan wawancara untuk mengetahui penyebab kesalahannya. Hasil dari penelitian ini berdasarkan 9 subyek menunnjukkan jumlah jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan total jumlah soal 45 item yaitu 9 kesalahan konseptual 8 kesalahan prosedural, 9 kesalahan konseptual dan prosedural, dan 19 soal yang telah dikerjakan tidak ada kesalahan. Adapun penyebab kesalahan adalah tidak menguasai materi, tidak paham maksud soal, lupa, terburu-buru, tidak teliti, tidak bisa mengatur waktu dengan baik, tidak percaya diri. Kata Kunci : Kesalahan Kastolan, Masalah Matematika, Analisis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:27
Last Modified: 11 Jan 2021 03:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7766

Actions (login required)

View Item View Item