Cahyani, Anis (2018) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Kesalahan Kastolan Kelas VIII di MTs. Negeri 5 Jember Pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL ANIS CAHYANI.pdf Download (265kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (398kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (367kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (363kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kubus dan Balok merupakan salah satu ilmu matematika pada bidang geometri. Pada materi kubus dan balok ini siswa dituntut untuk bisa memahami konsep dan prosedur untuk menyelesaikan masalah matematika, berdasarkan hasil pengamatan dan hasil PISA saat ini masih banyak siswa yang melakukan kesalahan saat menyelesaikannya terutama pada konsep dan prosedurnya tanpa diketahui apa penyebabnya. Salah satu cara untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dan penyebab kesalahannya adalah dengan menganalisis hasil pekerjaan siswa berdasarkan kesalahan Kastolan yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan berjenis penelitian deskriptif. Objek yang akan diteliti adalah kesalahan siswa beserta jenis kesalahannya dan penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Proses pengumpulan data dengan metode tes berupa soal uraian dan wawancara untuk mengetahui penyebab kesalahannya. Hasil dari penelitian ini berdasarkan 9 subyek menunnjukkan jumlah jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan total jumlah soal 45 item yaitu 9 kesalahan konseptual 8 kesalahan prosedural, 9 kesalahan konseptual dan prosedural, dan 19 soal yang telah dikerjakan tidak ada kesalahan. Adapun penyebab kesalahan adalah tidak menguasai materi, tidak paham maksud soal, lupa, terburu-buru, tidak teliti, tidak bisa mengatur waktu dengan baik, tidak percaya diri. Kata Kunci : Kesalahan Kastolan, Masalah Matematika, Analisis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2021 03:27 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2021 03:27 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7766 |
Actions (login required)
View Item |