Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Dengan Model Everyone Is A Teacher Here (ETH)

Wibisono, Handika Kuntho (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Dengan Model Everyone Is A Teacher Here (ETH). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (226kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (634kB)
[img] Text
2 BAB I...pdf

Download (115kB)
[img] Text
3 BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
4 BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
5 BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
7 BAB VI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa yang mendapatkan hasil belajar dibawah KKM, terutama tentang menyelesaikan soal cerita. Siswa mengalami kesulit menganalisa maksud dari soal cerita tersebut karena rendahnya kemampuan berfikir dan kemampuan berhitung serta kurang memahami materi yang telah diajarkan. Masalah dalam penelitian Ini adalah (1) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah proses penerapan pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada sub pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII SMP N 1 Tanggul tahun pembelajaran 2018/2019?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah proses penerapan Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada sub pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII SMP N 1 Tanggul tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 18 Juli sampai 26 Juli 2018 di kelas VIII C SMP Negeri 1 Tanggul. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa dikatakan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) dengan hasil presentase siklus I sebesar 54% sedangkan siklus II didapatkan hasil presentase 83% maka dari itu terbukti bahwa ada peningkatan hasil belajar terhadap model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan dengan menggunakan mode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Tanggul Tahun pembelajaran 2018/2019 Kata Kunci: Model Everyone Is A Teacher Here (ETH), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuryaningrum, Christine Wulandarinidn0717028302
UNSPECIFIEDFirdaus, Hana Puspita Ekanidn0714069002
Date Deposited: 12 Jan 2021 02:50
Last Modified: 12 Jan 2021 02:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7796

Actions (login required)

View Item View Item