ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI TINJAU DARI KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS

maulana, abdillah putra (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI TINJAU DARI KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (750kB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (144kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
h. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
i. Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)
[img] Text
j. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
k. Artikel- Jurnal.pdf

Download (328kB)

Abstract

ABSTRAK Maulana, A.P. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Disposisi Matematis, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1)Rohmad Wahid Rhomdani, S.Pd, M.Si. (2) Dr. Fatqurhohman, M.Pd Kata kunci: Kemampuan Disposisi Matematis, Soal Cerita Matematika, Kesalahan Siswa. Disposisi matematis merupakan faktor pendukung yang dapat membantu siswa dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Serta, siswa dapat menumbuhkan sifat-sifat yang positif saat menghadapi suatu masalah. Disposisi Matematis sendiri mempunyai 7 indikator yaitu, kepercayaan diri, fleksibilitas, bertekad kuat, ketertarikan, keingintahuan, dan kemampuan untuk menemukan dalam mengerjakan matematika, kecenderungan untuk memonitoring dan merefleksi, menilai aplikasi matematika, dan penghargaan. Disposisi Matematis dapat diketahui saat siswa mengerjakan soal, terutama soal cerita matematika. Soal cerita matematika membutuhkan logika dan konsep yang tepat untuk menyelesaikannya. Dalam proses pengerjaan soal cerita, hampir semua siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakannya. Kesalahan siswa tersebut mempunyai 3 indikator yaitu, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dan mereduksi data. Terdapat 1 orang subjek yang dipilih dari tiap-tiap golongan disposisi matematis. jadi, total subjek terdapat 3 orang.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes angket, tes soal, dan, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa subjek 1 termasuk tergolong pada disposisi matematis tinggi. Subjek 1 memiliki kemampuan disposisi matematis tinggi. Subjek 1 melakukan kesalahan pada soal nomor 3, kesalahan tersebut tergolong pada kesalahan operasi. Subjek 2 memiliki kemampuan disposisi matematis sedang, melakukan kesalahan yang termasuk pada kesalahan operasi dan prinsip. subjek 2 melakukan kesalahan pada soal nomor 2 dan 3. Subjek 3 memiliki disposisi rendah, melakukan kesalahan pada soal nomor 2 dan 3. Kesalahan tersebut tergolong ke dalam kesalahan konsep semua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan disposisi matematis, soal cerita matematika, kesalahan siswa
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: maulana Abdillah putra
Date Deposited: 29 Jan 2021 00:47
Last Modified: 29 Jan 2021 00:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8319

Actions (login required)

View Item View Item