Ni’am, Mohammad Syamsun (2016) Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Dramatic Play terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 1 Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
jurnal samsun.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (120kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
||
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
Text
BAB VI .pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
Text
BAB VII .pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
Text
BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
Abstract
Metode pembelajaran merupakan suatu acara atau sistem yang digunakan dalam pembelajaran yang bertujuan agar anak didik dapat memahami. Sehingga metode yang diambil harus sesuai dengan tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada anak usia 5 – 6 tahun di Taman Kanak Aisyah Bustanul Athfal. Desain penelitian ini menggunakan adalah pretest – postest One group design untuk mengidentifikasi peoses pembelajaran bermain dramatic play terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas B1 dan B2 di Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 1 Kabupaten Jember dengan sampel sejumlah 34 responden yang didapat dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan ialah observasi Hasil penelitian dengan uji Wilcoxon (α=0,05) didapatkan nilai p value = 0,000 artinya H1 diterima atau metodepembelajaran bermain dramatic play terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada usia 5-6 tahun di Taman Kanank-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 1 Kabupaten Jember. Penelitian ini direkomendasikan kepada guru untuk menerapkan metode pembelajaran bermain dramatic play, dalam menyampaikan pembeajaran yang berkaitan dengan situasi bencana. Agar memiliki sikap kesiapsiagaan bencana gempa bumi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, Kesiapsiagaan, Anak usia 5 – 6 tahun | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI14201#ILMUKEPERAWATAN" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2018 02:21 | |||||||||
Last Modified: | 23 Oct 2019 10:43 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/937 |
Actions (login required)
View Item |