Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Dramatic Play terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 1 Kabupaten Jember

Ni’am, Mohammad Syamsun (2016) Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Dramatic Play terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 1 Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
jurnal samsun.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
COVER LUAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB VII .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan suatu acara atau sistem yang digunakan dalam pembelajaran yang bertujuan agar anak didik dapat memahami. Sehingga metode yang diambil harus sesuai dengan tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada anak usia 5 – 6 tahun di Taman Kanak Aisyah Bustanul Athfal. Desain penelitian ini menggunakan adalah pretest – postest One group design untuk mengidentifikasi peoses pembelajaran bermain dramatic play terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas B1 dan B2 di Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 1 Kabupaten Jember dengan sampel sejumlah 34 responden yang didapat dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan ialah observasi Hasil penelitian dengan uji Wilcoxon (α=0,05) didapatkan nilai p value = 0,000 artinya H1 diterima atau metodepembelajaran bermain dramatic play terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada usia 5-6 tahun di Taman Kanank-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 1 Kabupaten Jember. Penelitian ini direkomendasikan kepada guru untuk menerapkan metode pembelajaran bermain dramatic play, dalam menyampaikan pembeajaran yang berkaitan dengan situasi bencana. Agar memiliki sikap kesiapsiagaan bencana gempa bumi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Kesiapsiagaan, Anak usia 5 – 6 tahun
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI14201#ILMUKEPERAWATAN" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSusilo, Ciptonidn0715077001
UNSPECIFIEDKurniawan, Hendranidn0712058402
Date Deposited: 12 Nov 2018 02:21
Last Modified: 23 Oct 2019 10:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item