Hubungan Empati Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSD Balung Kabupaten Jember

Nusantara, Fajar (2017) Hubungan Empati Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSD Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Pelayanan keperawatan terutama empati perawat di ruang rawat inap merupakan hal yang penting karena sangat mempengaruhi kepuasan pasien atas layanan keperawatan yang diterima. Perawat yang memiliki empati tinggi akan membawa dampak positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan bagi pasien. Desain penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan empati perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap. Populasi penelitian ini adalah pasien di ruang rawat inap RSD Balung Kabupaten Jember sebanyak 279 responden dengan sampel 74 responden yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan empati perawat dalam kategori empati sebanyak 35 responden (47,3%), sangat empati 29 responden (39,2%) dan kurang empati 10 responden (13,5%). Responden yang menyatakan puas terhadap empati perawat sebanyak 39 responden (52,7%), sangat puas 25 responden (33,8%) dan kurang puas 10 responden (13,5%). Hasil uji statistik Spearman rho dengan (α = 0,05) didapatkan p value = 0,000; r = 0,517 yang artinya empati perawat berhubungan dalam kategori sedang dengan tingkat kepuasan pasien. Komunikasi perawat dengan pasien di ruang rawat inap masih menjadi keluhan utama pasien. Saran dari penelitian ini untuk meningkatkan empati perawat di ruang rawat inap khususnya komunikasi terapeutik perawat kepada pasien sehingga terjalin hubungan interpersonal yang baik dan pasien merasa lebih puas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Empati Perawat, Tingkat Kepuasan Pasien, Rawat Inap
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI14201#ILMUKEPERAWATAN" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAsmuji, Asmujinidn197206152005011004
UNSPECIFIEDKomarudin, Komarudinnidn9305384
Date Deposited: 06 Dec 2018 01:51
Last Modified: 16 Sep 2019 08:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item View Item