ALTERNATIF PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA PT. AMANAH BERSAMA UMMAT (ABUTOURS) CABANG SURABAYA



Wicaksono, Hariyadi (2017) ALTERNATIF PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA PT. AMANAH BERSAMA UMMAT (ABUTOURS) CABANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UNMUH JEMBER.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 1210412006.pdf] Text
1210412006.pdf

Download (789kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (133kB)

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk menentukan pilihan alternatif strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) secara tepat bagi biro perjalanan haji dan umroh PT. Amanah Bersama Ummat (ABUTOURS) cabang Surabaya.
Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan analisis data SWOT pada beberapa factor internal dan eksternal PT. Amanah Bersama Ummat (ABUTOURS) cabang Surabaya. Untuk kemudian dirumuskan variabel-variabel pada kekuatan yang mendukung perusahaan, kelemahan yang dimiliki perusahaan, peluang yang harus diraih perusahan dan ancaman yang harus dihadapi perusahaan.
Setelah mengidentifikasi variabel-variabel SWOT yang ada pada perusahaan, yang kemudian dilanjutkan dengan penentuan bobot daan rating massing-masing variabel SWOT dengan cara kuisioner pada 35 responnden, tahap berikutnya adalah menentukan posisi perusahaan. Dengan cara memadukan kekuatan (strenght), kelemahan (weaknes), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) pada perusahaan sehingga dapat ditentukan titik koordinat dalam diagram SWOT.
Dari pengolahan data yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa (Skor total Strength – Skor Total Weakness) / 2 = (2.53 –0.78 ) / 2 =-0.875. Jadi titik koordinat analisis internalnya adalah x= 0,875, sedangkan (Skor total Opportunity– Skor Total Threat) / 2 = (2.5625 –0.8125 ) / 2 = 0.875. Jadi titik koordinat analisis eksternalnya adalah y= 0,875
Kemudian dapat diketahui posisi koordinat analisis SWOT perusahaan PT. Amanah Bersama Ummat Cabang Surabaya yang terletak pada kuadran I, yaitu kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif, maksudnya perusahaan harus giat dalam mengatasi perkembangan pasar dalam rangka meningkatkan pertumbuhan penjualan.
Penulis berharap, dengan diketahuinya pilihan alternatif strategi pemasaran yang tepat melalui analisis SWOT ini, biro perjalanan PT. Amanah Bersama Ummat (ABUTOURS) cabang Surabaya dapat memaksimalkan potensi kekuatan dan peluang perusahaan dan meminimalkan kelemahan ataupun menghadapi ancaman perusahaan.

Kata Kunci: SWOT, Alternatif Strategi Pemasaran

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Azhad, Muhammad Naely
NIDN 0031126644

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kata Kunci: SWOT, Alternatif Strategi Pemasaran
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:30
Last Modified: 18 Feb 2025 03:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10306

Actions (login required)

View Item View Item