Wening P, Iramaya Dewi (2017) Kajian Makna Emosionalitas Kalimat pada Teks Pidato Siswa Kelas X SMK 17 Agustus 1945 Tegaldlimo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
pendahuluan.pdf Download (140kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (25kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (54kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
ARTIKEL SKRIPSI MAYYY.pdf Download (143kB) |
Abstract
Emosionalitas adalah reaksi perasaan yang ditimbulkan akibat aktivitas kognitif dan adanya pengaruh rangsangan yang ditangkap oleh indra sehingga menimbulkan gejolak batin yang mengakibatkan dorongan untuk bertindak. Kalimat adalah wujud satuan pikiran atau bahasa yang memiliki unsur pokok lazim yaitu subjek dan predikat dalam karang mengarang dan tulis menulis. Teks pidato adalah teks yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kegiatan berpidato. Pidato termasuk salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMK kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna emosionalitas kalimat dalam teks pidato siswa. Siswa seringkali memiliki emosi yang berubah setiap waktu. Tujuan penelitian ini,ingin mengetahui seberapa banyak siswa menuangkan emosinya melalui teks pidato. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMK 17 Agustus Tegaldlimo. Data penelitian teks pidato. Sumber data penelitian adalah siswa siswi kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan dakam penelitian ini yaitu teknik studi dokumentasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemberian tugas kepada siswa dengan menulis teks pidato yang kemudian dianalisis bentuk makna emosionalitas kalimat oleh peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategiori, menjabarkan kedalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami diri sendiri dan orang lain. Kesimpulan hasil keragaman makna emosionalitas kalimat siswa dalam teks pidato dikatakan cukup baik. Dalam teks pidato siswa banyak ditemukan makna emosionalitas kalimat seperti emosio sedih, emosi bahagia, emosi takut, dan emosi marah. Dikatakan cukup baik karena hampir semua teks pidato siswa memenuhi kriteria makna emosionalitas kalimat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emosionalitas kalimat, Teks pidato | |||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2021 02:46 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2021 02:46 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10672 |
Actions (login required)
View Item |