Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Media Video pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Tempurejo Tahun Pelajaran 2015/2016
AGUSTIN, MIRA (2017) Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Media Video pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Tempurejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
PENDAHULUAN .....pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media alat
peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan
(inonvasi). Dengan adanya inovasi tersebut di atas dituntut seorang guru untuk
lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang
tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan
kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitarnya.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah proses
pembelajaran menulis pada siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Tempurejo dengan
menggunakan media video? (b) Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis pada
siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Tempurejo dengan menggunakan media video?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan,
kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP PGRI 1 Tempurejo. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif,
lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62.86%), siklus II
(74.29%). dan siklus III 94.29 %.
Simpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran kolaborasi dapat
berpengaruh positif terhadap prestasi, minat, perhatian dan partipasi, motivasi
belajar Siswa SMP PGRI 1 Tempurejo. Pusat, serta model pembelajaran ini dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingMijianti, Yerrynidn0709108101Dosen PembimbingVardani, Eka Nova Alinidn0710118501
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Menulis, Media Televisi Reality Show |
Subjects: | 400 Language > 421 Writing System |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | perpustakaan@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 03:29 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 03:29 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |