Pengaruh Metode Multisensori terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Alfabet pada Siswa Kelompok Bermain di Sekolah Cahaya Nurani Jember



Sejati, Anila Wahyu (2016) Pengaruh Metode Multisensori terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Alfabet pada Siswa Kelompok Bermain di Sekolah Cahaya Nurani Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak pdf.pdf] Text
Abstrak pdf.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of 2. Homogenitas.pdf] Text
2. Homogenitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[thumbnail of 3. Normalitas.pdf] Text
3. Normalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[thumbnail of 4. One sampel t-test.pdf] Text
4. One sampel t-test.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)

Abstract

Mengingah huruf merupakan kemampuan pemula dalam tahapa untuk menjadi pembaca pemula, sebelum membaca pemula anak mengingat huruf, karena dengan mengingat huruf anak dapat menyerap setiap informasi yang ada di lingkungan. Selain itu ada fenomena lain yang berkaitab dengan kemampuan mengingat yaitu cara mengingat anak yang berkaitan di Sekolah Cahaya Nurani Jember. Fenomena ini yang membuat peneliti tertarik untuk melakukkan penelitian dengan “Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Meningat Huruf Alfabet Pada Sisiwa Kelompok Bermain Di Sekolah Cahaya Nurani”.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan desain pretest and posstes grup desain. Metode pengumpulan data mengunakan wawancara dan observasi serta alat yang digunakan sebagai metode multisensori. Populasi penelitian ini adalah siswa kelompok bermain besar (palaygrup). Tehnik pengambilan data menngunakan purposive sampling yaitu data yang sudah ada dilapangan. Tehnik analisa menggunakan One Sampel T-Test.
Berdasarkan hasil analisa yang diperoleh ada peningkat kemampuan mengingat huruf pada anak dengan nilai signifikan yang menyatakan bahwa signifikansi > p=0,05 sehingga Ho diterima maka dapat dikatakan korelasi yaitu ada pengarh metode multisensori terhadap kemampuan mengingat huruf pada anak.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Yumpi, Festa
nidn1303588
UNSPECIFIED
Istiqomah, Istiqomah
nidn0312445

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Metode Multisensori, Mengingat Huruf
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives
100 Philosophy > 150 Psychology > 153 Conscious Mental Process and Intelligence
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 03 Jan 2019 01:18
Last Modified: 28 Oct 2019 02:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item