(Peer review + Similarity + Document) Pendekatan JAS dipadu GI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa



Riani, Harjani Rini and Priantari, Ika and HAPSARI, ARI INDRIANA (2018) (Peer review + Similarity + Document) Pendekatan JAS dipadu GI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. UM Jember, UM Jember.

[thumbnail of Bioma vol 3 no 1.pdf] Text
Bioma vol 3 no 1.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of Cek Plagiasi PENDEKATAN JAS DIPADU GI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.pdf] Text
Cek Plagiasi PENDEKATAN JAS DIPADU GI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/in...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar
siswa dengan menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model
pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan
Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
IPA 4 SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan sampel penelitian berjumlah 34 orang.
Intrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan angket
motivasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata klasikal motivasi antara,
siklus I dan siklus II. Pada siklus II rata-rata klasikal motivasi belajar siswa meningkat
sebesar 15,2% dari 75,6% menjadi 90,8% dan telah mencapai kategori tinggi. Simpulan
dari penelitian ini adalah pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model
pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci : Jelajah Alam Sekitar (JAS), Group Investigation (GI), Motivasi belajar

[error in script]

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ika Priantari | ikapriantari@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 05:48
Last Modified: 20 May 2022 06:39
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item