(Peer Review + Similarity + Document) Penerapan Pembelajaran RQA dipadu TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar

Priantari, Ika and NURMALA, RAYH SITTA (2016) (Peer Review + Similarity + Document) Penerapan Pembelajaran RQA dipadu TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. UM Jember, UM Jember.

[img] Text
bioma vol 1 no 2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Cek Plagiasi PENERAPAN PEMBELAJARAN RQA DIPADU TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA IMPLEMENTATION OF RQA LEARNING COMBINED TPS TO IMPROVE STUDENTS’ ACTIVITIES.pdf

Download (2MB)
[img] Text
peer review RQA TPS aktivitas belajar Bioma.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuannya adalah meningkatkan aktivitas mahasiswa semester IVB matakuliah Genetika Prodi Pendidikan Biologi Unmuh Jember tahun akademik 2015/2016 melalui penerapan RQA dipadu TPS. Metode yag dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2 siklus. Setiap satu siklus terdiri dari kegiatan pokok yaitu: (1) planning (perencanaan), (2) action (tindakan), (3) observing (pengamatan), (4) reflection (refleksi). Penerapan model RQA dipadu TPS meningkatkan aktivitas mahasiswa karena dalam kegiatan belajar mengajar tersebut peneliti merancang pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman-teman sekelompoknya untuk memecahkan permasalahan untuk membangun konsep belajarnya dengan menggunakan Pertanyaan. Dengan demikian semua mahasiswa dalam kelompok kooperatif terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Di dalam satu kelompok, terdapat 2 siswa yang memiliki kemampuan akademik yang berbeda. Hal tersebut bertujuan supaya antarsiswa terjadi aktivitas diskusi dan saling bertukar pendapat untuk mencapai keberhasilan belajar secara bersama-sama. Jadi pengalaman belajar melalui model pembelajaran RQA dipadu TPS akan mendorong siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar mereka. Kata Kunci : RQA, TPS, Aktivitas Mahasiswa

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ika Priantari
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:26
Last Modified: 20 May 2022 06:39
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12968

Actions (login required)

View Item View Item