(Peer Review + Similarity) Guru Profesional: Mengintegrasikan Informations And Communication Technologies (ICT) dalam Pembelajaran PAUD



Misyana, Misyana (2021) (Peer Review + Similarity) Guru Profesional: Mengintegrasikan Informations And Communication Technologies (ICT) dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal Obsesi, Indonesia.

[thumbnail of Guru Prtofesional 06-17-2022 07.02.pdf] Text
Guru Prtofesional 06-17-2022 07.02.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Guru Profesional_ Mengintegrasikan Informations And  Communication Technologies (ICT) dalam Pembelaj.pdf] Text
Guru Profesional_ Mengintegrasikan Informations And Communication Technologies (ICT) dalam Pembelaj.pdf

Download (337kB)
Official URL: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view...

Abstract

Bukan hanya karena masa pandemi pembelajaran berbasis ICT (Teknologi Informasi dan
Komunikasi) dipergunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, tetapi sebuah keniscayaan
yang harus dilakukan pada masa pembelajaran abad 21. Tujuan penelitian yaitu untuk
mendapatkan informasi bagaimana guru profesional dalam proses pembelajaran dapat
mengintegrasikan ICT pada komponen langkah-langkah pembelajaran dalam RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran). Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan
dokumentasi untuk diobservasi. Wawancara dilakukan pada 10 guru yang sudah tersertifikasi
PAUD, menunjukkan bahwa guru profesional mengintegrasikan ICT dalam komponen RPP
yang terdapat pada rumusan tujuan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran atau
sumber belajar. Walaupun tidak semua guru yang sudah tersertifikasi dapat melakukan
kegiatan mengintegrasikan ICT tersebut dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
dikarenakan faktor usia yang mereka sebutkan gaptek (gagap teknologi).

[error in script]

Item Type: Peer Review
Keywords/Kata Kunci: guru profesional; ict; paud
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science
Depositing User: Misyana Misyana | misyana@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2022 03:52
Last Modified: 12 Nov 2022 03:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item View Item