ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN YANG MENGALAMI OPEN FRAKTURE FEMUR DENGAN GANGGUAN RASA NYAMAN NYERI DI RSD. Dr. SOEBANDI JEMBER

Mustikawati, Trisetya (2022) ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN YANG MENGALAMI OPEN FRAKTURE FEMUR DENGAN GANGGUAN RASA NYAMAN NYERI DI RSD. Dr. SOEBANDI JEMBER. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (606kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (400kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (415kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)

Abstract

Pendahuluan : Open Frakture femur merupakan diskontinuitas pada tulang femur sehingga mengakibatkan trauma bisa secara langsung seperti kecelakaan lalu lintas ataupun jatuh dari ketinggian. Frakture femur merupakan suatu kegawatan daruratan yang harus mendapat perhatian khusus dan jumlah kasus yang terjadi dan menyebabkan gangguan fisiologis serta psikologis yang dapat meningkatkan reaksi berupa rasa sakit dan nyeri. Masalah yang muncul pada open fracture femur yang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan menurut pasien salah satunya yaitu nyeri akut. Penatalaksanaan non farmakologi dengan teknik relaksasi napas dalam. Teknik relaksasi yaitu tindakan keperawatan yang dilaksanakan untuk mengurangi nyeri. Tujuan studi kasus ini adalah untuk melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien yang mengalami Open Frakture Femur dengan Gangguan Rasa Nyaman Nyeri di RSD. Dr. Soebandi Jember. Metode : Desainnya studi kasus yaitu metode yang mencakup pengkajian satu unit penelitian secara intensif pada satu pasien. Studi kasus dengan fokus asuhan keperawatan pada pasien yang mengalami Open Frakture Femur dengan Gangguan Rasa Nyaman Nyeri di RSD. Dr. Soebandi Jember. Hasil : Setelah dilakukan asuhan keperawatan dengan memberikan teknik relaksasi napas dalam untuk mengurangi nyeri. Pasien mampu menerapakan teknik relaksasi napas dalam yang diajarkan untuk membantu masalah nyeri pada pasien sebelumnya dengan baik. Rekomendasi : studi kasus ini dapat mengurangi nyeri pada pasien Open Frakture Femur secara bertahap dan disarankan untuk pasien dan keluarga memilih teknik relaksasi napas dalam sebagai penanganan non farmakologi untuk dilakukan secara mandirI.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Asuhan Keperawatan, Open Frakture Femur, Nyeri Akut, Teknik Relaksasi Napas Dalam
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 611 Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Trisetya Mustikawati, S.Kep
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:14
Last Modified: 25 Jul 2022 01:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14187

Actions (login required)

View Item View Item