Implementasi Guru Kelas Awal Dalam Literasi Digital di SD Muhammadiyah 1 Jember



Elsa, Firda Aprilia (2022) Implementasi Guru Kelas Awal Dalam Literasi Digital di SD Muhammadiyah 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas muhammadiyah jember.

[thumbnail of pendahuluan.pdf] Text
pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan impelemntasi literasi digital khususnya di kelas awal yang dimaksudkan untuk mengembangkan kecakapan bahasa dengan menggunakan perangkat teknologi. Penelitian ini dilakukan pada kelas awal. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Verivikasi keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan data atau kesimpulan. Untuk kesahihan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 4 orang guru kelas awal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi literasi digital yang telah dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Jember khususnya di kelas awal pada beberapa mata pelajaran tertentu, seperti mata pelajaran teknologi informasi dan komputer, mata pelajaran kesenian, Pendidikan kewarganegaraan, dan pada saat proses kegiatan pembacaan ayat suci al-qur’an. Sekolah memiliki sarana lingkungan sekolah yang kaya literasi dengan membuat pojok literasi disetiap kelas dan memiliki perpustakaan digital yang menyediakan banyak refrensi buku cerita yang bisa di akses kapanpun dan dimanapun.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Khoiriyah, Khoiriyah
0725116503
Dosen Pembimbing
Misyana, misyana
0706047201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Implementasi, literasi digital, kelas awal
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Elsa Firda Aprilia | elsafirda1998@gmail.com
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:40
Last Modified: 27 Jul 2022 06:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14376

Actions (login required)

View Item View Item