Amalia, Nafila Rizqi (2022) Penerapan Tes Seleksi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Dasar Favorit di Kota Jember (Studi Kasus pada Sekolah Dasar Favorit di Kota Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (137kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (262kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya beberapa sekolah dasar favorit di Kota Jember yang menerapkan tes dalam PPDB sehingga menimbulkan polemik dan keresahan pada orang tua dan pendidik PAUD karena materi tes dinilai tidak sesuai dengan karakteristik anak usia dini khususnya tentang tes membaca, menulis, dan berhitung. Dijelaskan dalam Permendikbud No 14 Tahun 2018 Pasal 12 ayat 4 tentang penerimaan peserta didik baru bahwa tidak diberlakukannya tes membaca, menulis, berhitung, atau tes dalam bentuk lainnya dalam seleksi calon peserta didik sekolah dasar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan tes seleksi masuk sekolah dasar favorit di Kota Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan tes seleksi sekolah dasar favorit di Kota Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Maret hingga Juni 2022 di salah satu sekolah dasar swasta favorit di Kota Jember. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, serta studi dokumen untuk mengumpulkan data penelitian. Peneliti juga menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara sebagai acuan pengumpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh, penerapan tes seleksi di sekolah dasar dilatarbelakangi tujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan calon peserta didik dan tidak menjadi acuan lulus dan tidak lulus. Hasil tes tersebut digunakan sebagai acuan untuk mengelompokkan siswa dalam rombongan belajar. Tes dilaksanakan secara lisan dan tertulis dengan berbagai jenis tes yakni tes membaca, tes menulis, tes berhitung, tes mengaji, serta tes psikologi. Kriteria yang diharapkan oleh sekolah dasar yakni calon peserta didik sudah memiliki kesiapan dari segi kemampuan sosial dan emosional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPDB, Tes Seleksi, Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Anak Usia Dini | |||||||||
Depositing User: | Nafila Rizqi Amalia | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | nvlamalia@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2022 06:56 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2022 06:56 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14377 |
Actions (login required)
View Item |