Malaya, Elsanti Feby (2022) Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Konten Data Dan Ketidakpastian Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (490kB) |
|
Text
3. Bab I.pdf Download (644kB) |
|
Text
4. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) | Request a copy |
|
Text
5. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) | Request a copy |
|
Text
6. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) | Request a copy |
|
Text
8. Bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) | Request a copy |
|
Text
9. Daftar Rujukan.pdf Download (617kB) |
|
Text
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 03 Januari 2022 di kelas XI MIPA 4 SMAN Pakusari, banyak siswa yang kurang paham terhadap soal numerasi. Terdapat banyak siswa yang kurang mampu dalam memahami kalimat, kurang pemahaman siswa dalam menganalisis soal, serta kurangnya siswa dalam menerapkan konsep matematika dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal konten data dan ketidakpastian ditinjau dari kecerdasan majemuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian pada tanggal 9 Juni 2022 dikelas XI MIPA 4 SMAN Pakusari. Peneliti menggunakan 4 teknik pengumpulan data yaitu angket kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences), tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 4 siswa yang diperoleh dari hasil pengisian angket kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) dan hasil jawaban kemampuan matematika pada soal numerasi. Subjek penelitian terpilih adalah subjek dengan kategori kecerdasan verbal linguistik-logis matematis dan subjek dengan kategori kecerdasan verbal linguistik-spasial. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa subjek dengan kategori kecerdasan verbal linguistik-logis matematis dan subjek dengan kategori kecerdasan verbal linguistik-spasial mampu menyelesaikan masalah matematika pada soal numerasi. Seluruh siswa dengan kategori kecerdasan verbal linguitik-logis matematis dan siswa dengan kategori kecerdasan verbal linguistik�spasial dapat memenuhi 3 indikator kemampuan numerasi. Siswa dengan kategori kecerdasan verbal linguistik-logis matematis dalam menyelesaikan masalah menggunakan penyelesaian secara sistematis, sedangkan siswa dengan kategori kecerdasan kecerdasan verbal linguistik-spasial lebih memahami masalah dengan menggunakan visual/gambar yang ada pada soal masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Numerasi, Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) | |||||||||
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Elsanti Feby Malaya | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | Elsantifebymalaya@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 01:02 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2022 01:02 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14395 |
Actions (login required)
View Item |