Kemampuan Menemukan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Mandangin Oleh Siswa Kelas VII B MTS Miftahul Ulum Curah Takir Tahun Pelajaran 2015/2016

Kardila, Elen Ingrit (2016) Kemampuan Menemukan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Mandangin Oleh Siswa Kelas VII B MTS Miftahul Ulum Curah Takir Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Artikel Pdf.pdf

Download (867kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN-PDF.pdf

Download (360kB)
[img] Text
ABSTRAKSI-PDF.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN-PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter diharapkan dapat membentuk siswa sesuai tujuan pendidikan. Nilai-nilai pendidikan karakter merupakan sifat-sifat atau hal yang berkaitan dengan kepribadian yang bersumber pada lingkungan sosial dan budaya bangsa Indonesia.Permasalahan yang muncul dari latar belakang penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam dongeng Mandangin oleh siswa kelas VII B MTs Miftahul Ulum Curah Takir. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam dongeng Mandangin oleh siswa kelas VII B MTsMiftahul Ulum Curah Takir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah MTs Miftahul Ulum Curah Takir. Data penelitian adalah hasil penugasan siswa dalam menemukan nilai-nilai pendidikan karakter meliputi nilai religius, jujur, kerja keras, disiplin, suka menolong, dan bertanggung jawab di dongeng Mandangin. Sumber data adalah dongeng Mandangin. Teknik pengumpulan data adalah Tes. Instrumen penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama dan tabulasi data. Teknik analisis data adalah penyajian data dan penyimpulan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian kemampuan menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam dongeng Mandangin. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII B yang berjumlah 25 orang siswa dengan kategori sangat baik ada 1 orang siswa, kategori baik ada 6 orang siswa, kategori cukup ada 11 orang siswa, dan kategori kurang ada 7 orang siswa. Berbeda dengan hasil penelitian yang berdasarkan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) diketahui bahwa jumlah siswa yang mendapat nilai ≥ 75 sebanyak 7 orang siswa dan jumlah siswa yang mendapatkan nilai < 75 sebanyak 18 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII B mempunyai kemampuan kurang mampu dalam menemukan nilai-nilai pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, nilai-nilai pendidikan karakter, dongeng
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 813 Indonesian Fiction
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:51
Last Modified: 07 Nov 2019 06:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item View Item