Kemampuan Memahami Nilai-Nilai dalam Cerita Fabel Kancil dan Siput Lomba Lari Siswa Kelas VIII SMP Islam Nurut Tholibin Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Imam, Baihaki (2016) Kemampuan Memahami Nilai-Nilai dalam Cerita Fabel Kancil dan Siput Lomba Lari Siswa Kelas VIII SMP Islam Nurut Tholibin Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
COVER LUAR.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 3 Dokumen hasil Tugas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Fabel adalah cerita lama yang menokohkan binatang sebagai lambang pengajaran moral. Nilai-nilai adalah nasihat atau pelajaran berharga yang dapat diperoleh pembaca atau penikmat dari cerita yang dibaca atau dinikmatinya. Pada penelitian ini analisis yang dilakukan adalah dengan mencari nilai-nilai moral dan sosial. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah nilai moral dan nilai sosial pada cerita fabel kancil dan siput lomba lari siswa kelas VIII SMP Islam Nurut Tholibin Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan nilai moral dan nilai sosial pada cerita fabel kancil dan siput lomba lari siswa kelas VIII SMP Islam Nurut Tholibin Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah. siswa kelas VIII SMP Islam Nurut Tholibin Jember. Tempat penelitian di SMP Islam Tholibin Jember, pada tanggal 06 Januari 2016. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes atau penugasan. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa tabulasi data. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu kata-kata yang diperoleh diinterpretasikan dengan penentuan data, pengoreksian dan pembobotan Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa tidak mampu menemukan nilai sosial dan nilai moral pada fabel kancil dan siput lomba lari. Hal ini didasarkan dari hasil analisis yang dilakukan peneliti.Dikarenakan dari 15 siswa mengalami kesulitan dalam menentukan penggalan terhadap nilai moral dan nilai sosial. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah siswa mampu menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam fabel kancil dan siput lomba lari tetapi kurang mampu dalam menentukan penggalan nilai yang ditemukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fabel, Nilai-Nilai Fabel
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 813 Indonesian Fiction
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHariyono, HariyonoUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSusetyo, Agus MiluUNSPECIFIED
Date Deposited: 13 Mar 2019 01:39
Last Modified: 07 Nov 2019 03:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item