Implementasi Pembelajaran Nisaiyah dalam Upaya Membentuk Karakter Santriwati di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo

Siti Aminah, Aminah (2022) Implementasi Pembelajaran Nisaiyah dalam Upaya Membentuk Karakter Santriwati di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.

[img] Text
1. pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (327kB)
[img] Text
3. bab 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
5. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
6. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
8. bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (327kB)
[img] Text
10. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11. artikel.pdf

Download (335kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu pendidikan yang menekankan pada aspek moral, akhlak dan kepribadian yang bisa diwujudkan dalam bentuk sikap, dan interaksi dengan masyarakat sekitar. Dalam upaya membentuk karakter santriwati yaitu melalui pembelajaran nisaiyah. Pembelajaran nisaiyah adalah materi pelajaran yang membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan keputrian, masa-masa perkembangan, maupun beberapa masalah penting remaja putri dan wanita dewasa. Masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran nisaiyah di Pondok Pesantren Baitul Hikmah, dan bagaimana upaya membentuk karakter santriwati melalui pembelajaran nisaiyah. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran nisaiyah di Pondok Pesantren Baitul Hikmah, dan upaya membentuk karakter santriwati melalui pembelajaran nisaiyah. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Baitul Hikmah. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan proses pengumpulan data yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa implementasi pembelajaran nisaiyah kelas 1, 2, dan 3 KMI dapat diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya etika. Dan upaya membentuk karakter santriwati memiliki tahapan-tahapan dalam pembelajaran dari nisaiyah 1 sampai dengan nisaiyah 3 sesuai dengan tingkatan kelasnya. serta adanya faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan karakter pada santriwati. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan adanya pembelajaran nisaiyah dapat membentuk karakter pada santriwati di Pondok Pesantren Baitul Hikmah dan pembelajaran nisaiyah tersebut dapat diimplikasikan secara mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nisaiyah, Pendidikan Karakter
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice > 297.57 Religicus Experience, Life, Practice
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Siti Aminah
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:26
Last Modified: 01 Aug 2022 02:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14571

Actions (login required)

View Item View Item