Optimalisasi Peran Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam Non Formal
Lutfi Nur, Hakim (2022) Optimalisasi Peran Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam Non Formal. Undergraduate thesis, UNIVERSITASMUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (786kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (977kB) | Request a copy |
|
Text
h. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (650kB) |
|
Text
j. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
k. JURNAL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Memakmurkan Masjid dengan cara menjadikan Masjid sebagai pusat
pendidikan islam adalah sebagaimana menfungsikan masjid pada zaman rosulullah,
yaitu juga mendidik generasi-generasi islam. Masjid ibarat mercusuar, tempat segala
ilmu pengetahuan berpusat, kemudian menyebar kesegala penjuru. Salah satu cara
menciptakan wadah pendidikan islam, maka masjid harus mempunyai kegiatan�kegiatan yang dapat menarik Jemaah ditempat tersebut. Salah satu contoh kegiatan
berupa diskusi yang berfungsi untuk menambah ilmu pengetahuan bagi jemaan dan
para santri. Kemudian bisa juga dengan mengadakan acara jumpa remaja yang
merupakan salah satu generasi kedepan dalam memakmurkan Masjid.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka focus penelitian ini adalah 1) Untuk
mengetahui optimalisasi masjid sebagai pusat pendidikan islam non formal di Masjid
Al-Mustarsyidi, 2) Untuk mengetahui peranan pengurus dalam mewujudkan
pendidikan islam non formal di Masjid Al-Mustarsyidi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriktif menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan
cara Observasi, Wawancara, Dokumentasi, teknik analis data yang digunakan yaitu,
Reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Unttuk menguju keabsahan data peneliti
menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah Optimalisasi Masjid sebagai pusat
pendidikan islam non formal di Masjid Al-Mustarsyidi yang mana digunakan sebagai
lembaga pendidikan membaca Al-Qur’an, lembaga madrasah diniyah dan lembaga
pendidikan Raudatul Athfal. Lembaga tersebut diadakan sebagai salah satu
optimalisasi peran Masjid sebagai pusat pendidikan islam non formal.
Peneliti juga menyimpulkan bahwa terdapat faktor pendukung dan penghambat
Optimalisasi peran masjid sebagi pusat pendidikan islam non formal. Faktor
pendukung berupa keberadaan pengurus dalam membimbing santri, Dan adanya
fasilitas Al-Qur’an yang memadai di masjid Al-Mustarsyidi. Dan terdapat faktor
penghambat yaitu kurangnya partisipasi dan dukungan penuh dari masyarakat setempat
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDNursyamsiyah, SitiNIDN0706027901UNSPECIFIEDWahana Putra, DhianNIDN0729108601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kata kunci: Optimalisasi, Peran Masjid, Pendidikan Islam, Non Formal. |
Subjects: | 200 Religious |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Lutfi Nur Hakim | kanglutfi133@gmail.com |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 03:44 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 03:44 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14781 |
Actions (login required)
View Item |