ANALISA METODE SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DALAM BISNIS PADA WEBSITE MASTERCAHAYA.COM

Witono, Agus Cahyo (2022) ANALISA METODE SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DALAM BISNIS PADA WEBSITE MASTERCAHAYA.COM. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

ABSTRAK Dunia internet semakin meluas dan sampai hari ini masih menjadi alat utama dalam mencari sebuah informasi salah satunya yaitu mesin pencari Google. Search engine ini dapat memberikan semua informasi yang dibutuhkan baik itu tentang pengetahuan maupun kebutuhan sehari - hari seputar kebutuhan produk atau jasa. Dengan peluang ini melakukan sebuah analisa pada website mastercahaya.com dan menerapkan metode SEO pada kata kunci transaksi untuk mendukung konversi penjualan. Metode optimasi yang dilakukan adalah menggunakan SEO on page dan off page. Awalnya website ini belum teroptimasi sama sekali baik itu on page maupun off page, sehingga tidak mendapat ranking kata kunci menurut data google search console. Kata kunci yang ditargetkan untuk mendukung naiknya trafik dan konversi adalah jenis kata kunci penjualan yaitu jasa pembuatan ppt, jasa pembuatan ppt skripsi, dan harga jasa pembuatan ppt. Kata kunci ini memiliki volume pencarian yang banyak sesuai data riset ubersuggest. Sehingga diharapkan pada implementasi dan analisa metode SEO ini dapat membantu mendapatkan trafik organik tertarget sehingga ditemukan teknik SEO yang efektif dan benar sesuai website yang digunakan dalam media promosi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama mengalami kenaikan ranking pada kata kunci yang ditargetkan, kedua mendapatkan trafik pada kata kunci yang ditargetkan, dan terakhir mendapatkan konversi pada kata kunci penjualan yang ditargetkan. Serta memberikan hasil uji t berpasangan yang terbukti signifikan pada semua parameter yang ditargetkan menghasilkan nilai t = 2,642 pada parameter SERP dari SerpRobot, t = 2,268 pada SERP dari WhatMySerp, t = - 3,554 pada jumlah tayangan Google Search Console, dan t = -1,00 pada jumlah klik Google Search Console. ABSTRACT The world of the internet is expanding and to this day it is still the main tool in finding information, one of which is the Google search engine. This search engine can provide all the information needed both about knowledge and daily needs around the needs of products or services. With this opportunity to conduct an analysis on the mastercahaya.com website and apply SEO methods to transaction keywords to support sales conversions. The optimization method used is to use on-page and off-page SEO. Initially this website has not been optimized at all either on page or off page, so it does not get keyword rankings according to google search console data. Keywords that are targeted to support increased traffic and conversions are the types of sales keywords, namely ppt creation services, ppt thesis writing services, and ppt making service prices. This keyword has a large search volume according to Ubersuggest research data. So it is hoped that the implementation and analysis of this SEO method can help get targeted organic traffic so that effective and correct SEO techniques are found according to the website used in promotional media. The results of this research are first to experience an increase in ranking on the targeted keywords, second to get traffic to the targeted keywords, and finally to get conversions to the targeted sales keywords. As well as providing paired t-test results which proved significant on all targeted parameters resulting in a value of t = 2.642 on the SERP parameter of SerpRobot, t = 2.268 on the SERP of WhatMySerp, t = -3.554 on the number of impressions of Google Search Console, and t = -1, 00 on Google Search Console clicks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Search Engine Optimization, SERP, Optimasi SEO
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: agus cahyo witono
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:22
Last Modified: 04 Aug 2022 06:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14839

Actions (login required)

View Item View Item