Kemampuan Menulis Kembali Dongeng Siswa Kelas VII4 SMP Negeri 02 Tamanan

Purwantin, Elok (2017) Kemampuan Menulis Kembali Dongeng Siswa Kelas VII4 SMP Negeri 02 Tamanan. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
hal 1.pdf

Download (61kB)

Abstract

Dongeng adalah media yang digunakan dalam menulis kembali dongeng di kelas VII4 SMP Negeri 02 Tamanan, diharapkan hasil menulis kembali dongeng yang ditulis siswa akan lebih baik. Tema adalah arti pusat yang terdapat dalam suatu cerita Alur adalah konstruksi mengenai sebuah deretan peristiwa secara logis dan kronologis saling berkaitan yang dialami pelaku oleh pelaku.Tokoh/ penokohan adalah individu rekaan yang mengalami peristiwa atau perlakuan dalam berbagai peristiwa yang ada dalam cerita. Latar/Setting Istilah latar biasanya di artikan tempat dan wakyu terjadinya cerita. Latar adalah segala katerangan, petunjuk, pengacauan yang berkaitan dengan ruang, waktu dan suasana terjadinya peristiwa dalam suatu karya sastra. Permasalahan dan tujuan pada penelitian yang muncul adalah mendeskripsikan kemampuan mengembangkan tema tema dalam dongeng siswa kelas VII4 SMP Negeri 02 Tamanan tahun pelajaran 2016/2017, mendeskripsikan kemampuan mengembangkan alur dalam dongeng siswa kelas VII4 SMP Negeri 02 Tamanan tahun pelajaran 2016/2017, mendeskripsikan kemampuan mengembangkan latar dalam dongeng siswa kelas VII4 SMP Negeri 02 Tamanan tahun pelajaran 2016/2017dan mendeskripsikan kemampuan mengembangkan penokohan dalam dongeng siswa kelas VII4 SMP Negeri 02 Tamanan tahun pelajaran 2016/2017 Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas VII4 SMP Negeri 02 Tamanan. Tempat penelitian di SMP Negeri 02 Tamanan. Teknik pengumpulan data adalah penugasan. Instrument dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa alat pencatatan atau tabel pengumpulan data. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu kata-kata yang diperoleh diinterpretasikan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan menulis kembali dongeng siswa VII4 SMP Negeri 02 Tamanan dalam mengembangkan tema ,masuk dalam katagori sangat mampu dengan perolehan delapan tujuh koma delapan persen,mengembangkan alur masuk dalam katagori mampu dengan perolehan tujuh puluh enam koma empat persen , latar dan penokohan masuk dalam katagori cukup mampu dengan latar memperoleh enam puluh delapan koma lima dan penokohan tujuh puluh lima persen. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah siswa mampu menulis kembali dongeng kerena dari 35 siswa yang mampu menulis kembali dongeng sebanyak 76.9% dan yang kurang mampu menulis kembalai teks dongeng siswa sebanyak 23,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tema, alur, latar dan Penokohan
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 18 Mar 2019 02:20
Last Modified: 25 Sep 2019 07:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1509

Actions (login required)

View Item View Item