Rohmawati, Ermin Septian (2017) Hubungan Keterampilan Menyimak dengan Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (631kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (301kB) |
||
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (267kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (281kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
Abstract
Keterampilan menyimak adalah suatu ptoses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi serta interpretasi untuk memperoleh informasi. Keterampilan menyimak merupakan faktor penting bagi seseorang dalam kegiatan membaca, salah satuya adalah membaca teks ekplanasi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember, karena untuk mendapatakan informasi yang detail dari video tentang fenomena yang berkaitan dengan teks eksplanasi harus menggunakan keterampilan menyimak yang tinggi. Permasalahan yang muncul dari latar belakang yakni: Adakah hubungan keterampilan menyimak dengan membaca teks eksplanasi siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya hubungan keterampilan menyimak dengan keterampilan membaca teks Eksplanasi siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Sasaran penelitian ini adalah keterampilan menyimak dan keterampilan membaca teks eksplanasi SMA Muhammadiyah 3 Jember. Tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 3 Jember, pada tanggal 17 Mei 2017. Teknik pengumpulan data adalah tes. Instrumen dalam penelitian adalah tes soal objektif dan soal subjektif. Teknik pengukuran instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, indeks tingkat kesukaran, indeks daya beda. Hasil analisis data nilai keterampilan menyimak diperoleh skor tertinggi adalah 100 dan skor terendah adalah 40 dengan rata-rata diperoleh sebesar 65. Sedangkan hasil analisis data nilai keterampilan membaca teks eksplanasi diperoleh skor tertinggi adalah 80 dan skor terendah 40 dengan rata-rata diperoleh sebesar 59. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti mengkorelasikan hasil dari keterampilan menyimak dengan keterampilan membaca teks eksplanasi siswa kelas XI IPA 4 dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan SPSS, yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0.048. Artinya jika signifikansi yang diperoleh kurang dari dignifikansi yang ditentukan yaitu 0.05 berarti ada hubungan (korelasi). Hal ini dapat ditarik kesimpulan “Ada hubungan keterampilan menyimak dengan keterampilan membaca teks eksplanasi siswa kelas SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun Pelajaran 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menyimak, keterampilan membaca, teks eksplanasi |
Subjects: | 400 Language > 421 Writing System |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 03:25 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 07:57 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1514 |
Actions (login required)
View Item |