Ula, Insiya Mufida Baroro (2017) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Masalah dalam Kegiatan Diskusi terhadap Kemampuan Berbicara. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
18. artikel.pdf Download (677kB) | Preview |
|
Text
1. hal sampul.pdf Download (387kB) |
||
Text
abstrak.pdf Download (87kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (220kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
Text
BAB III new.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
Abstract
Keterampilan berbahasa mempunyai hubungannya erat sekali dengan keterampilan lainnya. Keterampilan berbicara merupakan, salah satu keterampilan berbahasa sebagai kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan ide, gagasan serta mengungkapkan pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan, baik secara berhadapan ataupun dengan jarak jauh. Kartu masalah merupakan media yang digunakan peneliti sebagai percobaan untuk mengolah kemampuan siswa. Permasalahan dalam keterampilan berbicara siswa kelas VIII yang pada umumnya siswa tidak dapat mengungkapkan gagasannya karena merasa takut dan malu saat ditugaskan untuk berbicara di depan kelas. Selain itu siswa kurang terampil sebagai akibat dari kuragnya latihan berbicara. Permasalahan yang muncul dalam latar belakang tersebut adalah apakah penggunaan media kartu masalah dalam kegiatan diskusi memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Rambipuji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mendeskripsikan apakah penggunaan media kartu masalah dalam kegiatan diskusi memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Rambipuji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Rambipuji. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, dan analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu masalah dalam kegiatan diskusi dapat membantu siswa dalam mengolah kemampuan berbicara siswa lebih baik dari pada belajar dengan pembelajaran secara konvensional. Hal ini dikarenakan belajar dengan menggunakan media kartu masalah lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antar siswa dalam proses kemampuan berbicara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kartu masalah, kegiatan diskusi, kemampuan berbicara | ||||||
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 815 Indonesian Speech | ||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | ||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined] | ||||||
Depositing User: | Hendri UF | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2019 01:59 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2019 09:02 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1518 |
Actions (login required)
View Item |