Penerapan Example Non Example Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi



Najah, Safinatun (2017) Penerapan Example Non Example Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (610kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)

Abstract

Kemampuan menulis pada siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Walisongo
Rambipuji masih tergolong rendah. Hal tersebut terjadi karna penggunaan model
pembelajaran yang kurang berinovasi, sehingga membuat siswa cenderung pasif.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan model
Example Non Example. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri empat tahapan yakni
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan
evaluasi/refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi,
tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil Observasi siklus rencana pembelajaran
sudah baik dan pada siklus II kegiatan pembelajaran semakin meningkat, siswa
lebih aktif dengan model Example Non Example.Berdasarkan hasil prates
terdapat 3 siswa yang tuntas dengan presentasi (12%), dan pada siklus I terdapat
15 siswa yang tuntas dengan presentasi (60%) dan pada siklus II kemampuan
menulis paragraf meningkat terdapat 19 siswa yang tuntas memenuhi kriteria
dengan presentase (76.06%). Berdasarkan hasil observasi model Example Non
Example baik untuk diterapkan pada pembelajaran menulisparagraf narasi, dan
pembelajaran lainnya.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hanafi, Hanafi
nidn196708151992031002

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2019 03:49
Last Modified: 24 Sep 2019 10:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item