Unsur-Unsur Pembangun Sebuah Resensi

Amalia, Viyani Rizki (2017) Unsur-Unsur Pembangun Sebuah Resensi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL - sudah edit.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
COVER LUAR.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)

Abstract

Resensi merupakan salah satu materi yang sangat penting bagi siswa karena materi resensi masuk kategori soal ujian nasional sehingga siswa harus memahami sistematika penulisan resensi dengan baik. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah unsur-unsur resensi buku Fa Ido Ma, Ma Ido Fa: J.A. Dimara Lintas Perjuangan Putra Papua oleh siswa kelas XII IPA semester 1 SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur resensi yang terdapat pada hasil resensi buku Fa Ido Ma, Ma Ido Fa: J.A. Dimara Lintas Perjuangan Putra Papua oleh siswa kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dan isntrumen bantu berupa tabel data unsur resensi. Data dalam penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan, dari 22 siswa hanya sebelas siswa yang menuliskan judul resensi. Semua siswa menuliskan data buku secara lengkap tetapi masih ada yang keliru dalam menuliskan tahun terbit, halaman dan judul buku. Pada bagian pembukaan resensi, sebagian besar siswa hanya menuliskan perkenalan pengarang dan karyanya serta merumuskan tema. Pada bagian isi, semua siswa tidak menuliskan unsur isi resensi secara lengkap tetapi hanya menuliskan sinopsis, keunggulan serta kelemahan buku dan tinjauan bahasa. Pada bagian penutup resensi, seluruh siswa menuliskan buku layak dibaca tetapi hanya ada satu siswa yang menuliskan buku tersebut tidak layak dibaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: resensi, unsur-unsur resensi
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 21 Mar 2019 06:25
Last Modified: 24 Sep 2019 08:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item