Ameilia, Vira (2022) Strategi Dan Efisiensi Pemasaran Biji Kopi Robusta (Coffea Canephora) Di Desa Curahkalong Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (460kB) |
|
Text
3. BAB 1.pdf Download (689kB) |
|
Text
4. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (935kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB 7.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (581kB) |
|
Text
11. RINGKASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kopi Robusta merupakan salah satu komoditas yang dikembangkan di Desa Curahkalong Kecamatan Bangsalsari yang potensial sebagai upaya pemenuhan permintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengkaji saluran pemasaran biji kopi robusta (2) mengetahui margin pemasaran biji kopi robusta (3) Mengidentifikasi tingkat efisiensi pemasaran biji kopi robusta (4) mengidentifikasi strategi pemasaran biji kopi robusta. Penelitian menggunakan metode deskriptif yang berlokasi di Desa Curahkalong Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember dan menggunakan jenis data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah metode analisis farmer share dan Analisis SWOT. Hasil penelitian : (1) saluran pemasaran di Desa Curahkalong yaitu saluran pemasaran 1 tingkat dan 2 tingkat. Saluran pemasaran 1 tingkat dimulai dari petani kemudian dijual ke pengepul, dari pengepul dijual kepada konsumen. Sedangkan saluran pemasaran 2 tingkat dimulai dari petani kemudian dijual ke pengepul, dari pengepul dijual ke pengecer lalu dari pengeer dijual kepada konsumen akhir. (2) margin pemasaran pada saluran pemasaran 1 tingkat sebesar Rp 2.542 dan pada saluran pemasaran 2 tingkat sebesar Rp 4.917. (3) Farmer share saluran pemasaran 1 tingkat sebesar 89,24% dan farmer share saluran pemasaran 2 tingkat sebesar 81,09% (4) Strategi Pemasaran biji kopi robusta berdasarkan factor internal dan eksternal adalah strategi agresif yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Menjaga kualitas dan citra produk kopi yang baik dengan memanfaatkan kondisi pasar yang potensial sehingga dapat meningkatkan volume produksi kopi. Kata kunci : Farmer share, kopi Robusta, pemasaran, SWOT
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Farmer share, kopi Robusta, pemasaran, SWOT | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science | |||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) | |||||||||
Department: | S1 Agribisnis | |||||||||
Depositing User: | Vira Ameilia | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | ameiliavira@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2022 01:04 | |||||||||
Last Modified: | 02 Dec 2022 01:04 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15565 |
Actions (login required)
View Item |