(Similarity + Document) Pengembangan Soal Matematika Model Programme for International Student Assessment (PISA) Konten Quantity Dalam Konteks Budaya Jember



Putri, Aisyah Maylani Ariyatma Utami and Ningtyas, Yoga Dwi Windy Kusuma and Galatea, Chusnul Khotimah (2022) (Similarity + Document) Pengembangan Soal Matematika Model Programme for International Student Assessment (PISA) Konten Quantity Dalam Konteks Budaya Jember. Universitas Khairun.

[thumbnail of Similarity] Text (Similarity)
Pengembangan Soal Matematika Model Programme for International Student Assessment (PISA) Konten Quan - Turnitin.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Halaman Sampul, Daftar Isi, Artikel] Text (Halaman Sampul, Daftar Isi, Artikel)
Artikel Delta Pi - Yoga.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan soal matematika model PISA konten quantity dalam konteks budaya Jember. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan dengan model penelitian ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini untuk uji kelompok kecil siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Wuluhan sebanyak 6 anak dan uji kelompok besar siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Wuluhan sebanyak 23 siswa dalam satu kelas uji. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar angket, dan soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan, analisis butir soal, dan analisis keefektifitasan produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh bahwa produk dikembangkan sesuai dengan tahapan ADDIE dan hasil pengembangan menunjukkan bahwa soal matematika model PISA memenuhi tiga kriteria yang valid dengan skor 4,03, praktis dengan skor 73,9% dan efektif dengan skor 70,9%, sehingga soal matematika model PISA dapat digunakan untuk membantu evaluasi siswa pada materi quantity atau bilangan dan pola bilangan.

[error in script]

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 373 Secondary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Yoga Dwi Windy Kusuma Ningtyas | kusumaningtyas.dwi@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:31
Last Modified: 26 Dec 2022 01:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15721

Actions (login required)

View Item View Item