SISTEM PEMASARAN PEDAGANG HEWAN TERNAK PADA MASA PMK (STUDI KASUS PASAR HEWAN JENGGAWAH, DESA KLOMPANGAN, KAB. JEMBER)

Maulidina, Nidya Faroha (2023) SISTEM PEMASARAN PEDAGANG HEWAN TERNAK PADA MASA PMK (STUDI KASUS PASAR HEWAN JENGGAWAH, DESA KLOMPANGAN, KAB. JEMBER). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (901kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bentuk upaya perekonomian yang sangat universal dilakukan masyarakat yaitu perdagangan salah satunya adalah pasar. Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli yang melakukan transaksi barang atau jasa, sedangkan untuk masyarakat pedesaan, pasar dapat menjadi solusi peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan ketersediaan sumberdaya alam dan keterampilan masyarakat salah satunya melalui ternak sapi. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini, pedagang hewan ternak sapi mengalami dampak ekonomi karena adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Saat ini banyak peternak khawatir akan usaha ternak yang dijalankan, dikarenakan pasar hewan ditutup sementara akan kebijakan pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana sistem pemasaran yang di lakukan pedagang hewan ternak sapi dalam penjualan hewan ternak pada masa pandemi pmk desa Klompangan. 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya pedaganh hewan ternak sapi dalam memstabilkan perekonomian pada masa pandemi pmk di desa Klompangan.Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Adapun subyek penelitiannya yaitu: pedagang pasar yang terkena imbas virus PMK. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) pedagang hewan ternak Jenggawah melakukan strategi pemasaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi secara online dan melakukan pemasaran dirumah sajasaja secara manual. 2) Virus pmk sangat mempengaruhi minat konsumen. 3) Pedagang dalam meningkatkan perekonomian dengan cara beralih menjual sapi potong untuk dijual dagingnya. 4) Virus pmk sangat mempengaruhi perekonomian pedagang hewan ternak Jenggawah karena himbauan dari pemerintah bahwa pasar harus ditutup sementara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pemasaran, Pedagang, Pada masa PMK
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.2 Islamic Doctrinal Theology > 297.273 Islam and Economics
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Sharia Economy (S1)
Depositing User: Nidya Faroha Maulidina
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:23
Last Modified: 17 Jul 2023 01:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16672

Actions (login required)

View Item View Item