Pengembangan Bahan Ajar Biologi Bahan Ajar Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Tumbuhan Kelas X SMK.

Retno Nengtias, Novita (2016) Pengembangan Bahan Ajar Biologi Bahan Ajar Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Tumbuhan Kelas X SMK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NOVI NEW(1).pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
01.MATRIK PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
02.SILABUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)

Abstract

Pembelajaran Biologi di SMKN 5 Jember masih berpusat pada guru. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan diskusi, selain itu dalam pembelajaran Biologi baik Bahan Ajar maupun prosesnya masih bersifat parsial. Selama ini guru lebih banyak memanfaatkan bahan ajar yang dikembangkan dari penerbit dan LKS yang dibuat oleh guru sendiri yang tidak sesuai dengan kemampuan siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga diharapkan mampu meningkatkan kinerja ilmiah siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar biologi model inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada pokok bahasan keanekaragaman tumbuhan kelas X SMK yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Alat evaluasi. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari : (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perencanaan), (3) Develop (Pengembangan). Uji validasi ahli dilakukan oleh ahli bahan ajar, ahli materi sekaligus ahli pengguna (guru biologi), sedangkan uji coba lapangan terbatas dilakukan oleh 10 orang siswa kelas X PMT 2 SMKN 5 Jember. Bahan Ajar yang telah dikembangkan dilakukan uji validasi, uji kepraktisan dan uji kefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, keanekaragaman tumbuhan, dan guided inquiry.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDEurika, NovyUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDUtomo, Agus PrasetyoUNSPECIFIED
Date Deposited: 15 May 2019 02:40
Last Modified: 30 Oct 2019 01:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item