Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bilingual Berbasis RME (Realistic Mathematics Education) (Studi Pengembangan pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII di MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Tempurejo Tahunajaran 2015/2016)

Alfian, Akhul Ridlo Nur (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bilingual Berbasis RME (Realistic Mathematics Education) (Studi Pengembangan pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII di MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Tempurejo Tahunajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (116kB)
[img] Text
13. Abstrak ind.pdf

Download (87kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
BAB III akhir..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB V pem.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB VI prit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh persoalan proses pembelajaran yang cenderung membuat siswa pasif. Pada umumnya guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga siswa merasa pembelajaran kurang menarik dan guru kurang melibatkan siswa pada kegiatan pembelajaran. Disisi lain kemauan dan pemahaman siswa untuk belajar matematika juga masih kurang, hal ini yang mengakibatkan pembelajaran di kelas kurang maksimal dan hasil belajar siswa masih rendah.. Oleh karena itu, dalam membelajarkan matematika kepada siswa, digunakan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) sehingga siswa turut aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan dan hasil belajar mana yang baik antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) dengan model pembelajaran VAK (Visul Auditory Kinestethic) pada pokok bahasan geometri. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi dari 12 April-23 April 2016. Subjek penelitian adalah 67 siswa di dua kelas yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 3. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu, satu kelas eksperimen belajar dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) dan satu kelas kontrol belajar dengan menggunakan model pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinestethic). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dari hasil post-test diketahui bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung > Z tabel yaitu 2,99 > 1,96, dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan nilai Z hitung > Z tabel yaitu 2,99 > 1,645. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar AIR (Auditory Intellectualy Repetition) dengan pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinestethic) pada pokok bahasan Geometri di kelas X IPA SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Dan hasil belajar AIR (Auditory Intellectualy Repetition) lebih baik dari pada Pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Geometri di kelas X IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, AIR (Auditory Intellectualy Repetition), VAK (Visual auditory Kinestethic), geometri
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 14 May 2019 02:28
Last Modified: 11 Nov 2019 03:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item