Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kesiapan Belajar pada Anak di Tk Al-Amien Jember



Al Habsyi, Aminah (2023) Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kesiapan Belajar pada Anak di Tk Al-Amien Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (963kB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel.pdf] Text
Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari
penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh keterelibatan orang tua terhadap
kesiapan belajar pada anak di TK Al-Amien Jember. Desain penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Jumlah populasi 271 dengan jumlah
sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 142 sampel yakni orang tua dari
keseluruhan siswa TK Al-Amien Jember. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan dua skala yang di adaptasi modifikasi dari skala
keterlibatan orang tua oleh Hoover-Dempsey dan Sandler (2005) sebanyak 21
item dan skala kesiapan belajar oleh Slameto (2010) sebanyak 20 item. Metode
Analisa menggunakan uji alat ukur, uji asumsi dan uji hipotesa dengan bantuan
aplikasi SPSS for windows vers 21 dan bantuan Ms. Excel 2010. Pada hasil
koefisien korelasi memperlihatkan keterlibatan orang tua dengan kesiapan belajar
sebesar 0,275 serta nilai Sig 2 tailed yakni 0,000. Dari hasil yang didapat bisa
disimpulkan jika H1 diterima, maka terdapat hubungan positif yang signifikan
antara keterlibatan orang tua dengan kesiapan belajar. Hasil tersebut
memperlihatkan jika semakin tinggi keterlibatan orang tua maka semakin tinggi
kesiapan belajar pada anak begitu juga sebaliknya, semakin rendah keterlibatan
orang tua maka semakin rendah kesiapan belajar pada anak.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Ervina, Iin
nidn0024107501
UNSPECIFIED
Sari, Anggraeni Swastika
nidn 0708108806

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Keterlibatan Orang tua, Kesiapan Belajar Anak
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology > 153 Conscious Mental Process and Intelligence
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Aminah Aminah | aminahabsyi11@gmail.com
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:05
Last Modified: 14 Jul 2023 07:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17731

Actions (login required)

View Item View Item