Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kesiapan Belajar pada Anak di Tk Al-Amien Jember
Al Habsyi, Aminah (2023) Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kesiapan Belajar pada Anak di Tk Al-Amien Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (963kB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (720kB) |
![]() |
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Artikel.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari
penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh keterelibatan orang tua terhadap
kesiapan belajar pada anak di TK Al-Amien Jember. Desain penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Jumlah populasi 271 dengan jumlah
sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 142 sampel yakni orang tua dari
keseluruhan siswa TK Al-Amien Jember. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan dua skala yang di adaptasi modifikasi dari skala
keterlibatan orang tua oleh Hoover-Dempsey dan Sandler (2005) sebanyak 21
item dan skala kesiapan belajar oleh Slameto (2010) sebanyak 20 item. Metode
Analisa menggunakan uji alat ukur, uji asumsi dan uji hipotesa dengan bantuan
aplikasi SPSS for windows vers 21 dan bantuan Ms. Excel 2010. Pada hasil
koefisien korelasi memperlihatkan keterlibatan orang tua dengan kesiapan belajar
sebesar 0,275 serta nilai Sig 2 tailed yakni 0,000. Dari hasil yang didapat bisa
disimpulkan jika H1 diterima, maka terdapat hubungan positif yang signifikan
antara keterlibatan orang tua dengan kesiapan belajar. Hasil tersebut
memperlihatkan jika semakin tinggi keterlibatan orang tua maka semakin tinggi
kesiapan belajar pada anak begitu juga sebaliknya, semakin rendah keterlibatan
orang tua maka semakin rendah kesiapan belajar pada anak.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDErvina, Iinnidn0024107501UNSPECIFIEDSari, Anggraeni Swastikanidn 0708108806
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Keterlibatan Orang tua, Kesiapan Belajar Anak |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology > 153 Conscious Mental Process and Intelligence |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Aminah Aminah | aminahabsyi11@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:05 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:05 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |