Pengembangan Perangkat Pembelajaran Limit Fungsi dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di Kelas X SMKN 5 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Mubarokah, Farij Qusayyi Datum (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Limit Fungsi dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di Kelas X SMKN 5 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
01 & 02 Halaman sampul dan Halaman judul.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I revisii.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II revisiiiii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III revisiiii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
BAB IV revisii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V revisii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)

Abstract

Penelitian yang dilandasi dengan latar belakang pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional, yaitu dengan cara guru memberikan materi, diberikan contoh soal, dan selanjutnya diberikan latihan soal semakin menguatkan anggapan siswa bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit terutama materi limit fungsi. Hal ini disebabkan kurangnya persiapan guru sebelum melaksanakan pembelajaran yang sering kita sebut dengan perangkat pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran limit fungsi dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di kelas X SMKN 5 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berkualitas baik? Dan bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan perangkat pembelajaran limit fungsi dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di kelas X SMKN 5 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berkualitas baik. Kriteria perangkat pembelajaran yang berkualitas baik adalah: (1) valid berdasarkan penilaian para ahli/pakar, (2) efektif untuk aktivitas siswa yang diperoleh dengan lembar observasi aktivitas siswa, (3) efektif untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran yang diperoleh dengan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, (4) positif untuk respon siswa terhadap pembelajaran yang diperoleh dengan angket respon siswa, (5) ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMKN 5 Jember pada bulan April 2016. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa yang ada di kelas X TKJ 1 yang dipilih peneliti secara acak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran limit fungsi dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di kelas X SMKN 5 Jember. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model 4-D yang telah dimodifikasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Handout, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Berdasarkan hasil analisis pada tahap pengembangan diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran limit fungsi dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berkualitas baik, karena memenuhi kriteria perangkat pembelajaran yang berkualitas baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAsmedy, AsmedyUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRahman, Zulfa AnggrainiUNSPECIFIED
Date Deposited: 14 May 2019 05:48
Last Modified: 15 Nov 2019 03:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item