Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi REACT Menggunakan Authentic Assessment pada Materi Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII

Aisah, Siti (2016) Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi REACT Menggunakan Authentic Assessment pada Materi Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
1) MATRIK PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
2) DAFTAR HADIR SISWA KELAS VIII D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
3) Nilai siswa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dikarenakan proses pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Latar belakang pemilihan subjek dan lokasi peneliti adalah karena ketuntasan hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo yang diterapkan belum tercapai. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi REACT menggunakan authentic assessment untuk meningkatkan hasil belajar? Tujuan pada penelitian yang didapat adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa saat penerapan stategi REACT menggunakan authentic assessment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIIID di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo. Penelitian ini dilaksanakan pada 29 April 2016 sampai 21 Mei 2016. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya yaitu: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil belajar setelah menggunakan pembelajaran ini meningkat setelah dilihat dari ketuntasan klisakal yaitu 70% dari siklus 1 menjadi 87,5% pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif dengan strategi REACT menggunakan authentic assessment pada materi kubus dan balok, mampu meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan KKM yang ditetapkan SMP Muhammadiyah 9 Watukebo-Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif dengan strategi REACT, authentic assessment, hasil belajar siswa, kubus dan balok
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Date Deposited: 21 May 2019 02:38
Last Modified: 11 Nov 2019 03:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item View Item