EFEKTIVITAS METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER

Yudha, Putri Adinda (2023) EFEKTIVITAS METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf

Download (627kB)
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Yudha, Putri Adinda. 2023. Efektivitas Metode Spontaneous Group Discussion dalam Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Agus Milu Susetyo, M.Pd. (2) Dina Merdeka Citraningrum, M.Pd. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, spontaneous group discussion, keterampilan, berbicara Spontaneous Group Discussion merupakan model diskusi yang dilakukan secara spontan, dimana guru hanya memberikan inti dari materi pelajaran dan peserta didik mencari tahu dengan cara berdiskusi tentang pelajaran yang diberikan secara terperinci. Metode Spontaneous Group Discussion sangat erat kaitannya dengan keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang untuk menyampaikan ide, perasaan, maupun gagasan kepada orang lain secara lisan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah metode Spontaneous Group Discussion berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember?”. Dengan tujuan penelitan berdasarkan pada rumusan masalah diatas yaitu untuk mengetahui apakah metode Spontaneous Group Discussion berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian dilakukan yaitu di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan test. Teknik analisis data yaitu dengan analisis data hasil test pretest dan posttest yang dianalisis dengan analisis statistika deskriptif untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan sebelum dan setelah penerapan metode Spontaneous Group Discussion dan uji hipotesis. Berdasar pada perolehan data temuan di lapangan, diperoleh mean hasil pretest yakni 55 serta hasil posttest yakni 82. Hasil riset memperlihatkan jika pengimplementasian metode Spontaneous Group Discussion mampu memberikan peningkatan pada keterampilan berbicara peserta pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Diperoleh nilai t hitung sebesar 14 dan t tabel sebesar 2,11. Maka diperoleh t hitung > t tabel. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Spontaneous Group Discussion terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Dari hasil simpulan tersebut, diharapkan dapat menjadikan metode Spontaneous Group Discussion sebagai bahan pertimbangan dalam usaha peningkatan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, spontaneous group discussion, keterampilan, berbicara
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Putri Adinda Yudha
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorSusetyo, Agus Milunidn0718088602
Thesis advisorCitraningrum, Dina Merdekanidn0717088701
Contact Email Address: putriadindayudha22@gmail.com
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:35
Last Modified: 31 Jul 2023 02:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item View Item