Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Konvensional dengan Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Konvensional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Setyaningrum, Nita Ayu (2017) Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Konvensional dengan Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Konvensional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbbasis Konvensional dengan Numbered Hea.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
2.Halaman Depan.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (216kB)
[img] Text
1.BAB 1.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2.BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
3.BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
4.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
5.BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
6.BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis konvensional dengan Numbered Heads Together (NHT) berbasis konvensional pada sub pokok bahasan menentukan persamaan garis lurus? (2) Manakah yang lebih baik antara hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis konvensional dengan Numbered Heads Together (NHT) berbasis konvensional pada sub pokok bahasan menentukan persamaan garis lurus? Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum peneliti adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis konvensional dengan Numbered Heads Together (NHT) berbasis konvensional pada sub pokok bahasan menentukan persamaan garis lurus dan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis konvensional dengan Numbered Heads Together (NHT) berbasis konvensional pada sub pokok bahasan menentukan persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada 24 Oktober 2016 hingga 01 November 2016 di kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya, yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan analisis data pada uji dua pihak diperoleh nilai Zhitung = 5,67 sementara interval Ztabel berada antara -1,96 sampai 1,96 sehingga Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis konvensional dengan Numbered Heads Together (NHT) berbasis konvensional. Kemudian dilanjutkan dengan uji satu pihak pada hipotesis II diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 5,67 > 1,65. Sehingga Ho ditolak, artinya hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis konvensional lebih baik daripada hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Numbered Heads Together (NHT), konvensional, hasil belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDImamah, Nurulnidn1503637
UNSPECIFIEDKhotimah, Chusnulnidn0729018802
Date Deposited: 24 May 2019 03:56
Last Modified: 26 Sep 2019 08:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item View Item