Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Wulandari, Riska Ayu (2017) Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL 3.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK FIX 2.pdf

Download (170kB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah nilai kelas VII A tidak ada yang memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah. penggunaan metode ceramah menyebabkan siswa yang pasif, sedikit tanya jawab dan siswa mencatat dari papan tulis. Sedikitnya tanya jawab dari siswa disebabkan siswa tidak berani bertanya secara lisan tentang materi yang belum dipahami, sehingga siswa tidak paham terhadap konsep yang telah diberikan oleh guru. Masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa saat penerapan pembelajaran RME pada sub pokok bahasan persegi dan persegi panjang di SMP Islam Al-Hidayah kelas VII A semester genap tahun ajaran 2016/2017 (2) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa saat penerapan pembelajaran RME pada sub pokok bahasan persegi dan persegi panjang di SMP Islam Al-Hidayah kelas VII A semester genap tahun ajaran 2016/2017?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 17 maret-27 maret 2017 di kelas VII A SMP Islam Al-Hidayah Mangli. Peneliti menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini aktivitas siswa mengalami peningkatan saat penerapan model pembelajaran Matematika Realistik. Pada siklus 1, rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 30,03% sedangkan pada siklus 2 naik menjadi 61,29%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 kentuntasan klasikal sebesar 51,72% dan pada siklus 2 naik menjadi 80,65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa terus mengalami peningkatan sehingga berhasil memenuhi kriteria kesuksesan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Matematika Realistik, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Persegi dan Persegi Panjang
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDImamah, Nurulnidn1503637
Date Deposited: 27 May 2019 02:48
Last Modified: 01 Oct 2019 08:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1881

Actions (login required)

View Item View Item