Yaengkhunchao, Kantatee (2023) Implementasi pembelajaran multikultural untuk meningkatkan kerukunan beragama di sekolah Al - muwahideen. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.
Text
pendehuluan pdf.pdf Download (723kB) |
|
Text
ABTRA kantatee. pdf.1.pdf Download (281kB) |
|
Text
Bab I แยก pdf.pdf Download (410kB) |
|
Text
Bab II แยก pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III แยก pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV แยก pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) | Request a copy |
|
Text
Bab v แยก pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text
Bab VI แยก pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text
Dater rujukan pdf.pdf Download (317kB) |
|
Text
lampran แยก pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT Kantatee Yaengkhunchao NIM 1710911015, 2022, Implementasi Pembelajaran Multikultural Untuk meningkatkan kerukunan Bergama di Sekolah Al – muwahideen Nakhon si Thammarat Thailand, Pembimbing I: Dr. Siti Nursyamsiyah, SS.M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. Dhian Wanhana Putra, M.Pd.I. Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu Bagaimana Implementasi Pembelajaran Multikultural Untuk Meningkaykan kerukunan Bergama di sekolah Al – muwahideen dan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran Multikultural untuk meningkatkan kerukunan beragama di sekolah Al�muwahideen. Adapun jenis penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang temuantemuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Adapun teknik dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi untuk menarik kesimpulan dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembelajaran multikultural untuk Meningkatkan Kerukuunan beragama di sekolah Al – muwahideen menggunakan berbagai macam bentuk kegiatan, baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Bentuk kegiatan di dalam kelas diantaranya yaitu: a) Do‟a bersama, b) Bersikap universal dan tidak membeda�bedakan, c) Menyisipkan nilai-nilai toleransi, d) Menggunakan metode ceramah dan praktik secara langsung. Sedangkan bentuk pembelajaran diluar kelas yaitu: a) Kegiatan yang bersifat sosial. Adapun dampak yang ditimbulkan dari pembelajaran Multikultural untuk Meningkatkan kerukunan beragama di sekolah Al – muwahideen yaitu : a)Terciptanya sikap saling menerima perbedaan dan saling menghargai, b) kegiatan sekolah dan suasana belajar yang bertoleransi, c) Terwujudnya keharmonisan dan kerukunan dalam keberagaman, d) Menghindari terjadinya konflik. Untuk mecapai suatu tujuan pembelajaran maka ada faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran. Adapun faktor pendukung yaitu: a) Kurikulum,b) Lingkungan sosial sekolah, c) Sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat yaitu: a) Kematangan emosional siswa, b) Pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang berbeda-beda. Kata Kunci: Pembelajaran Multikultural, Kerukunan Beragama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : pembelajaran multikultural , kerukunan beragama | |||||||||
Subjects: | 200 Religious 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice > 297.57 Religicus Experience, Life, Practice |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Kantatee Yaengkhunchao | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | harofee007@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 04:39 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 04:39 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18883 |
Actions (login required)
View Item |