Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendidikan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi

Wulandari, Vivi (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendidikan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
Cover.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV, V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah biasanya hanya menekankan pada proses berhitung, sehingga banyak siswa yang kurang paham dengan konsep matematika. Selain itu, pembelajaran sering kali bergantung pada guru. Akibatnya, siswa kurang aktif dalam menemukan konsep matematika. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan dan kriteria kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan modul pembelajaran matematika SMP berbasis pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kriteria kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan modul pembelajaran matematika SMP berbasis pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi model pengembangan Dick & Carey. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017 di SMP Nuris Jember. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII E. Produk yang diharapkan dari pengembangan ini berupa modul pembelajaran matematika SMP berbasis pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi yang memuat bagian-bagian: Ayo berpikir, Pengamatan, Tanya si Pintar, Teamwork, Latihan soal, Rangkuman, Tes Akhir, dan Jawaban. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data dari produk, antara lain: (1) penilaian validator dalam lembar validasi adalah 3,9 (2) penilaian siswa melalui angket respon siswa adalah 3,78 (3) presentase ketuntasan hasil belajar siswa melalui soal tes adalah 58,33%. Berdasarkan hasil tersebut, kriteria modul pembelajaran matematika yang dihasilkan adalah valid, praktis, dan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan modul, pendidikan matematika realistik, persegi panjang dan persegi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDEurika, Novynidn197911142005012003
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:07
Last Modified: 01 Oct 2019 09:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1889

Actions (login required)

View Item View Item