Wulandari, Na’imah (2016) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anakmelalui Permainan Geometri di PAUD Barokah Sumber Jeruk – Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (28kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (223kB) |
||
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (132kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (16kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
Text
DOKUMENTASI FOTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
Text
Hasil Observer.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
Abstract
Kognitif adalah suatu proses berfikir, yaitu perkembangan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Usia Dini merupakan usiadimana anak dalam masa emas atau yang disebut Golden Age, yang pada masa inilah anak secara khusus mudah menerima stimulus dari lingkungannya. Namun terkadang lingkungan menjadi penghambat dalam pengembangan anak belajar, sehingga anak tidak dapat menambah pengalaman dan pengetahuannya.Padahal melalui bermain anak akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih menarik dengan bermacam-macam permaianan yang dapat merangsang otak anak. Masalah penelitian yang ingin di pecahkan adalah bagaimana Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Geometri diKelompok B PAUD Barokah Sumber Jeruk Bondowoso Tahun Pelajaran 2015-2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), metode pengumpulan data yang digunakan dengan metode observasi. Data yang dikumpulkan selama pengamatan berupa aktifitas siswa selama kegiatan berlangsung. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, pada siklus I diketahui bahwa melalui permaian geometri, kemampuan kognitif anak yang sudah mulai berkembang 60 % atau 6 dari 10 anak. Dan pada siklus II diketahui bahwa melalui permainan geometri 80 % anak kemampuan kognitifnya berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi pada siklus II dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan permianan geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B PAUD Barokah Sumber Jeruk Bondowoso Tahun Pelajaran 2015-2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Permainan geometri | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI86207#PENDIDIKANGURUPENDIDIKANANAKUSIADINI" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 21 Jun 2019 01:40 | |||||||||
Last Modified: | 30 Oct 2019 04:01 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1893 |
Actions (login required)
View Item |