ARIFIN, ABDUL MUNIR (2023) penerapan model pembelajaran problem based learning(PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemecahan masalah matematis siswa kelas VII. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
a. PENDAHULUAN_compressed (1).pdf Download (542kB) |
|
Text
b. ABSTRAK_compressed.pdf Download (324kB) |
|
Text
c. BAB I_compressed.pdf Download (312kB) |
|
Text
d. BAB II_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III _compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text
h. BAB VI_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text
i. DAFTAR RUJUKAN_compressed.pdf Download (356kB) |
|
Text
j. LAMPIRAN_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (938kB) | Request a copy |
|
Text
k. ARTIKEL_compressed.pdf Download (507kB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui dari suatu penerapan model pembelajaran yang berbasis masalah untuk menambah dan meningkatkan hasil dari belajar peserta didik pada mata pelajaran Martematika di SMP Al Baitul Amien. Jenis dari penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kelompok deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan karena merupakan bagian dari suatu proses evaluasi yang bersiklus yang memiliki 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Pendekatan dari penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 tahapan. Dengan tiap siklusnya terdiri dari 2 (dua) sesi. Dalam penelitian ini subjek yang digunakan adalah peserta didik di kelas VII, dengan pembagian 10 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Dengan penggunaan model pembelajaran PBL mampu memberi peningkatan pada hasil belajar matematika siswa yang ada di kelas VII SMP Al Baitul Amien. Hal ini didasari pada hasil tes belajar matematika materi pecahan senilai peserta didik pada siklus I dengan capaian presentase ketuntasan 64%. Mengingat hasil yang dicapai kurang optimal, selanjutnya dilaksanakanlah perbaikan pada siklus berikutnya. Pada pelaksanaan perbaikan siklus II dengan capaian jumlah peserta didik yang berhasil tuntas dalam belajarnya mengalami peningkatan sebesar 83 %. Penerapan metode Problem Based Learning agar memberi peningkatan hasil belajar pada peserta didik kelas VII pada pembelajaran Matematika dengan materi terkait perbandingan di SMP Al Baitul Amien. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Muatan Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | 1210251030 | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Abdul munir arifin | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | aa9751957@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2023 04:01 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2023 04:01 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18988 |
Actions (login required)
View Item |