Implementasi Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Dikelas X MA Muhammadiyah 1 Jember

Wilda, Diah Awanda (2023) Implementasi Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Dikelas X MA Muhammadiyah 1 Jember. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (978kB)
[img] Text
C. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (917kB)
[img] Text
D. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB 4 PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN x.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB 5 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mata Pelajaran Fiqih, tidak akan mampu mengembangkan sikap siswa yang sesuai dengan norma-norma agama, karena proses pembelajaran hanya diarahkan agar anak bisa menguasai dan menghafal materi pelajaran, dan lain sebagainya. Gejala-gejala semacam ini merupakan gejala umum dari hasil proses pendidikan di Indonesia yang belum bisa berjalan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “bagaimana implementasi metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas X di MA Muhammadiyah 1 Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas X di MA Muhammadiyah 1 Jember.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertempat di MA Muhammadiyah 1 Jember yang pengumpulan datanya menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu analisis induktif. Serta untuk keabsahan data menggunakan Triagulasi sumber . Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu peningkatan motivasi dalam belajar materi Fiqih. Para siswa lebih termotivasi dalam belajar secara berkelompok karena mereka mendapat kesempatan menyampaikan hasil belajarnya dengan saling bertukar pendapat dan gagasan. Dari hasil wawancara secara random atau acak, para siswa juga lebih menyukai pelajaran fiqih dalam kegiatan belajar. Bahkan, metode diskusi juga merupakan metode yang sangat mudah, praktis dan menyenangkan untuk menjadikan siswa mudah memahami materi yang telah diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Diskusi, Motivasi Belajar, Fiqih
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DIAH AWWANDA WILDA
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDNursyamsiyah, Sitinidn0706027901
UNSPECIFIEDHuda, Hairulnidn0720018902
Contact Email Address: wandahmadb12@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2023 03:44
Last Modified: 19 Aug 2023 03:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19328

Actions (login required)

View Item View Item