Wilda, Diah Awanda (2023) Implementasi Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Dikelas X MA Muhammadiyah 1 Jember. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (978kB) |
|
Text
C. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (917kB) |
|
Text
D. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (863kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB 4 PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN x.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB 5 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (576kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mata Pelajaran Fiqih, tidak akan mampu mengembangkan sikap siswa yang sesuai dengan norma-norma agama, karena proses pembelajaran hanya diarahkan agar anak bisa menguasai dan menghafal materi pelajaran, dan lain sebagainya. Gejala-gejala semacam ini merupakan gejala umum dari hasil proses pendidikan di Indonesia yang belum bisa berjalan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “bagaimana implementasi metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas X di MA Muhammadiyah 1 Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas X di MA Muhammadiyah 1 Jember.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertempat di MA Muhammadiyah 1 Jember yang pengumpulan datanya menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu analisis induktif. Serta untuk keabsahan data menggunakan Triagulasi sumber . Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu peningkatan motivasi dalam belajar materi Fiqih. Para siswa lebih termotivasi dalam belajar secara berkelompok karena mereka mendapat kesempatan menyampaikan hasil belajarnya dengan saling bertukar pendapat dan gagasan. Dari hasil wawancara secara random atau acak, para siswa juga lebih menyukai pelajaran fiqih dalam kegiatan belajar. Bahkan, metode diskusi juga merupakan metode yang sangat mudah, praktis dan menyenangkan untuk menjadikan siswa mudah memahami materi yang telah diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Diskusi, Motivasi Belajar, Fiqih | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | DIAH AWWANDA WILDA | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | wandahmadb12@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2023 03:44 | |||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2023 03:44 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19328 |
Actions (login required)
View Item |